NASIONAL

Minggu, 14 Januari 2018 | 04:04 WIB

Ketua DPR Harus Genjot Produktifitas Legislatif

Ahmad Farhan Faris
Ketua DPR Harus Genjot Produktifitas Legislatif
Pengamat politik, Gun Gun Heryanto (Foto: istimewa)
INILAHCOM, Jakarta - Pengamat politik, Gun Gun Heryanto mengatakan calon Ketua DPR RI pengganti Setya Novanto dari Fraksi Partai Golkar harus menggenjot produktifitas kinerja lembaga legislatif.

"Menurut saya, posisi DPR sekarang kan yang paling harus digenjot adalah produktifitas kinerjanya dan itu berhubungan juga dengan kinerja eksekutif," kata Gun Gun kepada INILAHCOM, Sabtu (13/1/2018).

Namun, kata Gun Gun, bukan berarti berkomunikasi positif itu harus membebek, selalu menjadi justifikasi. Maksudnya, produktifitas kinerja di DPR terkait dengan sejumlah prolegnas (program legislasi nasional).

"Itu tetap jadi prioritas dikerjakan digenjot," ujarnya.


Kedua, lanjut dia, fungsi pengawasan terhadap pemerintah menjadi efektif bukan berarti kontrol itu kegaduhan tapi kontrol mempercepat akselerasi.

"Misalnya menutup potensi-potensi pelanggaran, memperkuat akselerasi kinerja eksekutif dengan kontrol dari legislatif misalnya RDP-RDP (rapat dengar pendapat)," jelas dia.

Gun Gun mengakatan yang ketiga proses-proses hubungan interpersonal misalnya antar pemimpin DPR dengan pimpinan eksekutif dalam konteks ini Joko Widodo (Jokowi) sebagai presiden.

"Jadi tiga fungsi DPR dalam konteks ini fungsi legislatif yakni budgeting, kontrol berjalan dengan optimal dan komunikasi dengan eksekutif terutama Pak Jokowi itu berjalan dengan optimal," katanya.[ris]
#KetuaDPRRI
BERITA TERKAIT
Ketua DPR Perlu Intens Komunikasi dengan Jokowi
Diduga Palsukan Surat, Sudding Dipolisikan
Khofifah-Emil Lengkapi Berkas Pendaftaran Pilgub
Besok Pendaftaran LHKPN Cakada Ditutup
Aher akan Inventarisasi Lahan Pembangunan UIII
Pembangunan UIII Butuh Dana Rp 3,9 Triliun
Kata Sandi Soal Kasus Tanah Jelang Pilgub DKI

ke atas