NASIONAL

Minggu, 14 Januari 2018 | 07:12 WIB

PDIP Bahas Dana ke Calon Kepala Daerah Tersirat

Ahmad Farhan Faris
PDIP Bahas Dana ke Calon Kepala Daerah Tersirat
Ketua DPP PDI Perjuangan, Hendrawan Supratikno (Foto: inilahcom)
INILAHCOM, Jakarta - Ketua DPP PDI Perjuangan, Hendrawan Supratikno mengatakan partainya membahas soal kesiapan dana kepada bakal calon kepala daerah yang akan diusung dalam kontestasi Pilkada.

"Kesiapan dana secara tersirat dibahas, tapi bukan sebagai prakondisi," kata Hendrawan kepada INILAHCOM, Sabtu (13/1/2018).

Anggota DPR RI ini menjelaskan dalam fit and proper test terhadap bakal calon kepala daerah yang diusung, partainya menanyakan banyak hal.

"Pemahaman ideologi, pemahaman wilayah, kekuatan relasi dan jaringan, dukungan keluarga, rencana program pemenangan dan lainnya," ujarnya.


Sementara, kata dia, untuk biaya politik sebenarnya tidak susah dihitung karena tinggal lihat berapa jumlah TPS, berapa jumlah kecamatan dan desa termasuk berapa jumlah petugas yang disiapkan.

"Kemudian, berapa standar honor, berapa standar biaya sosialisasi/desa, berapa jumlah atribut (baliho, spanduk, kaos, stiker yang dibuat)," jelas dia.

Untuk diketahui, maraknya mahar politik ini berawal dari cuitan La Nyalla Mattalitti yang dimintai uang untuk mendapatkan rekomendasi atau tiket maju sebagai bakal calon Gubernur Jawa Timur dari Partai Gerindra.

Pasalnya, La Nyalla diminta uang supaya mendapatkan rekomendasi sebagai bakal calon Gubernur Jawa Timur pada Pilkada 2018 oleh Gerindra sebesar Rp 40 miliar.[ris]
#MaharPolitik #Pilkada2018
BERITA TERKAIT
Kholifah Janjikan Reward ASN dan Setop Pungli
Di Akhir Masa Kampanye, Rindu dapat Dukungan PBB
Bekuk Teroris Jelang Pilkada, Polri Pantau 24 Jam
Tujuan SBY bukan Menyerang TNI, Polri & BIN
SBY Kritik TNI, Polri & BIN, Ini Kata Demokrat
(Sebut TNI, Polri & BIN Tidak Netral) PD: SBY Dapat Informasi dari Sumber Terpercaya
(Pilkada Jawa Timur 2018) Emil Dardak Harap Tak Ada Dikotomi Belanja Daerah

ke atas