GAYA HIDUP
twitter facebook
Kamis, 31 Januari 2008 | 16:35 WIB

Belajar Jadi Presenter di KidZania

Oleh: Vina Ramitha
Belajar Jadi Presenter di KidZania
INILAH.COM, Jakarta Presenter berita dan cuaca adalah profesi yang biasa ditekuni orang dewasa. Namun, bagaimana bila anak-anak Anda bisa melakukannya?

Itulah yang ditawarkan KidZania Jakarta dalam Coaching Clinic Presenter Metro TV, Kamis (31/1). Dalam acara ini, KidZania memperkenalkan dunia pertelevisian dengan segala aktivitasnya secara langsung kepada anak-anak.

Pada konferensi pers yang mengawali Coaching Clinic Presenter Metro TV ini, turut hadir Humas dan Publicity Manager Metro TV, Henny Puspitasari. Ia menyampaikan bahwa kerjasama Metro TV dengan KidZania adalah suatu upaya untuk memperkenalkan anak-anak Indonesia mengenai profesi pembawa berita dan acara sejak dini.

"Dengan menjadi salah satu sponsor KidZania, Metro TV dengan bangga menjadi bagian dari proses peningkatan pengetahuan anak-anak Indonesia, serta memberikan sedikit sumbangsih guna menambah pengalaman anak Indonesia," kata Henny.

Coaching clinic ini dilaksanakan di establishment studio Metro TV KidZania.

Di tempat ini, anak-anak bisa merasakan secara langsung bagaimana menjadi seorang pembaca berita dan pembawa acara ramalan cuaca untuk televisi. Selain itu, mereka juga akan diberikan kesempatan untuk merasakan bekerja menjadi kru produksi suatu acara televisi.
"Sebab di stasiun televisi aslinya kan kunjungan masih dibatasi," lanjut Henny.

Bagi mereka yang menjadi pembaca berita dan pembaca ramalan cuaca, mereka akan membacakan berita dan ramalan cuaca yang ada seperti pada berita-berita pada umumnya. Sedangkan anak-anak yang menjadi kru produksi diajarkan mengoperasikan alat-alat untuk memproduksi suatu acara televisi.

Establishment studio Metro TV itu memang diciptakan sedemikian menyerupai studio TV yang sesungguhnya, sehingga anak-anak mempunyai pengalaman unik menjadi pembawa acara dan kru dengan segala peralatannya.
Selain itu, mereka bisa langsung berinteraksi dengan dunia pertelevisian dan bisa menggali imajinasi mereka.

Anak-anak yang sedang mencoba profesi presenter juga mendapat pengetahuan tambahan mengenai cara membawakan acara, bagaimana menjadi seorang presenter dan pengetahuan-pengetahuan umum lainnya. Apalagi mereka juga diajar dan berinteraksi secara langsung dengan dengan presenter Metro TV.

"Kali ini kami bekerjasama dengan sponsor kami, Metro TV, kami hadirkan dua orang presenter Metro TV untuk memberikan coaching clinic kepada pengunjung yang memiliki minat besar tentang dunia pertelevisian," kata Andhie Saad, Ministry of Commercial and Trade KidZania.

Ia yakin bahwa coaching clinic KidZania kali ini akan memberikan berbagai pengetahuan dan latar belakang yang lebih jelas tentang profesi presenter

Fifi Aleyda Yahya adalah presenter Metro TV yang ikut hadir dalam coaching clinic ini. "Sangat penting untuk memberi pengetahuan kepada anak-anak tentang media," kata Fifi penuh semangat. Selain Fifi, juga hadir Candice Anggunadinata, pembawa acara Weather Personality Program Indonesia This Morning di Metro TV.

Beberapa pengunjung tampak antusias mengikuti coaching clinic ini. Seperti Nita, yang datang dengan putranya. "Saya lebih baik mengajak anak saya ke sini daripada ke Ancol," ujar Nita, yang juga datang dengan rombongan anak yatim piatu.
Anak laki-laki Nita, Dante, memang sudah lama ingin mengunjungi establishment studio Metro TV. Walaupun menderita autis, lanjut Nita, Dante sangat suka nonton berita Metro TV.

Coaching clinic dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung KidZania. Dengan adanya kegiatan ini, konsep edutainment yang ditawarkan oleh KidZania dapat segera tercapai, karena anak-anak dapat bermain dan sekaligus lebih mengerti tentang suatu profesi.

KidZania merupakan arena yang dirancang khusus menyerupai kota yang sesungguhya, dengan skala ukuran yang disesuaikan untuk anak-anak, dan dibangun agar anak-anak bisa belajar sambil bermain melalui aktifitas bermain peran (role-play) melakukan sekitar 100 profesi orang dewasa.

KidZania meggabungkan dua konsep, yatu pendidikan dan hiburan (edutainment: education and entertainment). [L1]
Kembali ke atas