ARTIS
twitter facebook
Minggu, 30 Januari 2011 | 15:09 WIB

Cara Artis Menyembuhkan Ketergantungan Narkoba

Oleh: Arief Bayuaji
Cara Artis Menyembuhkan Ketergantungan Narkoba
foto: istimewa

INILAH.COM, Jakarta - Narkoba kerap menghantui artis dan musisi. Tak hanya di Indonesia, tapi juga di dunia. Terlanjur narkoba, mereka pun berjuang menyembuhkannya. Inilah caranya.

Sammy ditahan karena miliki 0,5 gram sabu berikut alat hisapnya. Kenyataan itu membuat mantan vokalis Kerispatih iitu berjanji dan bertobat tak lagi memakai narkoba.

Sammy bertekad saat dirinya merayakan HUT ke-28, pada 8 September 2010. Kala itu, ia mendapat keringanan, tak ditahan lagi di Salemba, namun direhabilitasi di Pusat Rehabilitasi Narkoba BNN, Lido, Sukabumi, Jawa Barat.

"Ini kado terindah buat saya karena bertepatan di hari ulang tahun saya," ujar Sammy.

Membanggakannya, Sammu dipercaya BNN sebagai ikon narkoba BNN. Ia terpilih karena tepat sebagai contoh, untuk mensosialisasikan bahaya narkoba.

Sammy ditahan sejak Februari 2010 akibat kasus kepemilikan narkoba. Majelis hakim Pegadilan Jakarta Pusat memutuskan Sammy bersalah miliki satu paket sabu dengan hukuman satu tahun penjara.

Revaldo serupa dengan Sammy. Mantan bintang sinetron Ada Apa Dengan Cinta yang telah dua kali tertangkap karena kasus narkoba ini meminta rehabilitasi, bukan ditahan.

"Iya memang gue minta rehab, karena gue sudah merasa capek harus berurusan seperti ini lagi. Gue merasa kalau nggak merehab semuanya serba capek, serba lelah. Gue lelah, keluarga gue lelah, semuanya jadi ikutan lelah," ujar Aldo, sapaan akrabnya.

Revaldo menambahkan, "Kemarin waktu pas gue lepas dari kasus yang pertama, kasusnya sama pula (narkoba), gue kan nggak ke rehab. Jadi yang sekarang gue harus mengajukan rehabilitasi."

Revaldo menganggap rehabilitasi merupakan jalan terbaik. Ia ingin melepaskan diri dari ketergantungan narkoba.

"Mungkin itu salah satu cara biar gue lepas dari narkoba. Mungkin itu faktornya. Makanya gue kena lagi," paparnya.

Sementara aktor luar negeri lebih mempunyai cara konkrit dan realistis untuk menghilangkan kecanduan narkobanya. Seperti Robert Downey Jr yang memperbaiki kerusakan tubuh dan jiwanya akibat narkoba saat kecanduan dulu. Ia melakukan itu dengan bantuan kristal.

Robert Downey Jr mempekerjakan pria yang mahir pengobatan dengan kristal. Robert teratur menjalani pengobatan kristal itu demi mengusir kekuatan negatif pada dirinya.

Aktor 45 tahun yang terus berjuang melawan kecanduan obat selama beberapa tahun bahkan dipenjara ini berpikir cara pengobatan itu mampu menghilangkan kecanduan heroin, kokain dan sabu.

Sebuah sumber mengatakan, "Orang itu berpakaian serba putih telah mengikuti Robert dengan tas sejak syuting film Sherlock Holmes 2 dimulai. Ada yang berpikir, itu agak aneh, lalu bertanya kepadanya apa yang dilakukan."

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Robert telah kecanduan obat-obatan sejak usia delapan tahun. Tahun 2001, Robert memutuskan untuk membuang kebiasaan buruk tersebut.

Selain Sammy, Revaldo dan Robert, banyak artis-artis dan musisi lain yang berjuang mengatasi pengaruh narkoba dan menghilangkan kebiasaan itu, termasuk minuman keras. Sebut saja, Lindsay Lohan, Demi Lovato, dan banyak lainnya. Mereka menempuh rehabilitasi agar tak lagi tergantung narkoba dengan cara masing-masing. [mor]

Berita Terkait
(Aktor Berpendapatan Terbesar di Hollywood) Robert Downey Jr Mengumpulkan Rp900 Miliar
Kembali ke atas