METROPOLITAN
twitter facebook
Rabu, 17 Agustus 2011 | 00:31 WIB

Presiden Pimpin Renungan Suci

Oleh: Irvan Ali Fauzi
Presiden Pimpin Renungan Suci
inilah.com/Wirasatria



INILAH.COM, Jakarta - Suasana temaram dan dinginnya angin malam bertambah semakin gelap ketika Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara Ani Yudhoyono, beserta Wakil Presiden Boediono dan istri, Herawati Boediono mengikuti renungan malam.

Semua lampu di Taman Makam Pahlawan Kalibata dipadamkan. Hanya tersisa sebuah nyala obor di samping tugu besar di pelataran halaman TMP Kalibata.

Saat upacara apel kehormatan dan renungan suci peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-66 dimulai, waktu menunjukkan pukul 00.00 wib, Rabu (17/8/2011).

Selaku inspektur upacara, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memimpin ikrar apel. Dalam ikrar tersebut, disebutkan jumlah pahlawan yang telah dikuburkan di TMP Kalibata.


"Kami yang hadir hari ini, Rabu 17 Agustus 2011 menyatakan rasa hormat kepada para arwah pahlawan," tegas Presiden.

Dalam ikrar tersebut, Presiden SBY menyebut jumlah pahlawan yang dimakamkan di TMP Kalibata. TNI dan Polri sebanyak 8368 orang, Badan Perjuangan 741 orang, tokoh nasional 39 orang, dan pahlawan tidak dikenal 43 orang, sehingga seluruhnya 9191 orang pahlawan.

"Begitu pun pahlawan yang tidak di kenal di daratan, lautan, pulau, lembah, ngarai, lereng, lereng dan dasar lautan. Kami menghormati saudara semuanya," tegas Presiden.

"Kami berjanji bahwa perjungan yang saudara adalah perjuangan kami juga," ucapnya sebagai ikrar.

Sebagai penutup upacara yang juga bertepatan dengan peringatan Nuzulul Quran ini, dibacakan doa oleh Menteri Agama Suryadharma Alie.

Kembali ke atas