INILAHKORAN.COM - SYIAR
twitter facebook
Sabtu, 1 Oktober 2011 | 09:05 WIB

Daftar Haji Kota Bandung Penuh hingga 2015

Oleh: Hanhan Husna
Daftar Haji Kota Bandung Penuh hingga 2015
Minat warga Kota Bandung untuk menunaikan ibadah haji sangat besar. Saat ini, daftar tunggu calon jamaah haji sudah mencapai 12.000 untuk lima musim haji ke depan. - inilah.com

INILAH.COM, Bandung - Minat warga Kota Bandung untuk menunaikan ibadah haji sangat besar. Saat ini, daftar tunggu calon jamaah haji sudah mencapai 12.000 untuk lima musim haji ke depan.

Dengan jumlah sebanyak itu dan dengan kuota hanya 2.671 orang, kemungkinan besar masyarakat yang hendak mendaftar baru bisa berangkat pada musim haji 2016 mendatang.

"Itu pun kalau cepat daftar, kalau tidak, masuk ke daftar tahun berikutnya. Soalnya peminat haji di Bandung sangat besar. Mungkin sampai Desember nanti kuota untuk 2015 sudah habis," ujar Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bandung Diding kepada wartawan di Masjid Al-Ukhuwwah, Jalan Wastukancana Kota Bandung, Jumat (30/9/2011).

Dia menjelaskan, hampir setiap hari kantor Kemenag dibanjiri calon jamaah haji. Trennya pun terus meningkat setiap hari. "Sekarang setiap hari bisa mencapai 40 orang yang mendaftar," kata dia.

Diding menegaskan, pihaknya tidak memiliki kewenangan memilih siapa yang akan diberangkatkan tapi hanya mendaftarkana. Karena yang yang menentukan jamaah yang berangkat adalah pemerintah pusat, yakni Kementerian Agama.

"Jadi yang menentukan siapa yang berangkat semuanya pusat. Termasuk dalam penentuan berapa kuota untuk setiap daerah. Kita hanya mengirimkan data calon jamaah," jelas Diding.

Dengan besarnya peminat haji Kota Bandung, dia berharap pemerintah pusat bisa menambah jumlah kuota untuk tahun-tahun berikutnya. Sehingga daftar tunggu jamaah haji bisa lebih pendek. "Tapi semua keputusan ada di pusat," tambah dia.[den]

Berita Terkait
Kembali ke atas