SINDIKASI
twitter facebook
Kamis, 20 Oktober 2011 | 02:35 WIB

Jajaran Polda Lampung Dimutasi

Oleh: Kupas Tuntas
Jajaran Polda Lampung Dimutasi
IST

INILAH.COM, Bandarlampung -Gerbong jabatan Kepolisian Daerah (Polda) Lampung kembali berjalan. Mabes Polri melalui surat telegram ST/2046/X/2011 tanggal 19 Oktober 2011 merolling 21 pejabat Polda.

Kapolda Lampung Brigjen Pol Sulistyo Ishak kini naik pangkat menjadi Inspektur Jenderal (Irjend) dan menempati jabatan baru sebagai Widya Iswara Utama Sespim Polri. Kapolda Lampung akan dijabat oleh Brigjen Jodie Rooseto dari Karodalpers SSDM Polri.

Pejabat utama Polda Lampung lainnya yang terkena mutasi adalah Karo Operasi (Ops) Polda Kombes Rahyono Wignyo yang akan menjabat Kalemdianmas Binkerma Dianmas STIK LEMDIKPOL, posisinya digantikan oleh Kombes Sahimin Zainudin dari Kabid TI Polda Papua.

Karosarpras Polda Kombes Yusril Hakim Yohansyah akan menjadi Pamen Polda Lampung karena Pensiun dan posisinya digantikan oleh Kombes Zainal Aqli dari Karo Sarpras Polda Bangka Belitung.

Wadir Reskrim Polda Kalimantan Timur AKBP Dono Indarto kini menempati posisi Dirkrimsus Polda Lampung. Sementara, Dir Narkoba Polda Lampung Kombes Lukas Arry Dwiko Utomo akan menempati posisi baru sebagai Auditor Itwil I Itwasum Polri dan posisinya digantikan AKBP Edi Swasono dari Wadir Reskrimsus Polda Lampung.

Wadir Reskrimum Polda Lampung akan diisi oleh AKBP Heri Harsono, AKBP Deny Pudjianto digeser menjadi Dir Polair Polda Sumatera Barat dan AKBP Dwi Irianto akan menempati posisi baru sebagai Wadir Binmas Polda Lampung.

Selanjutnya, Kapolresta Bandarlampung Kombes Guntor F Gaffar dimutasikan menjadi Kabag Diklat Setukpa Polri, poisisinya akan digantikan oleh AKBP M Nurochman yang sebelumnya menjabat Wakapolresta Bandarlampung.

Jabatan Wakapolresta Bandarlampung akan ditempati oleh AKBP Budi Wibowo dari Kapolres Lampung Tengah, sedangkan Kapolres Lampung Tengah akan ditempati AKBP Hery Setyawan.


Selanjutnya, Kapolres Lampung Selatan AKBP Bahagia Dachi akan menempati jabatan Wadir Reskrimsus Polda Lampung dan poisisnya akan diisi oleh AKBP Hari Muharam Firmansyah. Untuk Kapolres Lampung Barat saat ini dijabat oleh AKBP Tatar Nugroho.

Untuk Kapolres Tulang Bawang AKBP Shobarmen dan Kapolres Tanggamus AKBP Bayu Aji dikukuhkan.

Kabid Humas Polda Lampung, AKBP Sulistyaningsih, Rabu (19/10), mengatakan, terdapat 21 personil Polri jajaran Polda Lampung yang dimutasikan sesuai dengan surat telegram dari Mabes Polri.

"Kapolda Lampung kita saat ini yaitu Brigjen Pol Sulistyo Ishak dimutasikan sebagai Widya Iswara Utama Sespim Polri, sedangkan Kapolda Lampung dijabat oleh Brigjen Pol Jodie Rooseto dari Karodalpers SSDM Polri," terang Sulis.

Rolling pejabat Polda Lampung ini merupakan bagian dari rotasi jabatan yang dilakukan Mabes Polri secara keseluruhan. Dalam telegram rahasia (TR), Perwira Tinggi (Pati) Mabes Polri yang dimutasi salah satunya adalah Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Kadiv Humas), Irjen Anton Bachrul Alam yang digeser menjadi Assisten Sarana dan Prasarana (Assarpras) Kapolri.

Jabatan Kadiv Humas Polri selanjutnya akan diisi oleh Irjen Saud Usman Nasution, yang saat ini menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Sosial dan Budaya (Sahlisosbud) Kapolri. Posisi Saud yang juga pernah menjabat sebagai Kepala Detasemen Khusus 88 Anti Teror, akan ditempati oleh Kapolda Jambi Brigjen Bambang Suparsono.

Petinggi lain yang dimutasi adalah Irjen Edward (Koorsahli Kapolri) menjadi Pati Yanma Polri (pensiun), posisinya digantikan Irjen Alex Bambang Riatmodjo (Sahlisosek Kapolri).

Selain itu, Wakapolda Jabar Yovianes Mahar diangkat sebagai Irwil II Itwasum Polri. Dirtipikor Bareskrim Brigjen Ike Edwin diangkat sebagai Widyaiswara Madya Sespim Polri Lemdikpol.

Kemudian, Irwasda Polda Metro Kombes Noer Ali menjadi Dirtipikor Bareskrim, Irwasda Polda Papua Kombes Ricardo Hutauruk menjadi Irwasda Polda Metro. Karorenmin Itwasum Polri Brigjen Taharudin Syafri dimutasikan Yanma Polri (pensiun).

Wakapolda Bali Brigjen I komang Udayana dimutasikan sebagai Pati Yanma Polri (pensiun), Karopenmas Polri Brigjen I Ketut Untung Yoga Ana diangkat sebagai Wakapolda Bali, terakhir Brigjen Mochammad Taufik diangkat menjadi Karopenmas Polri. [mor]

Kembali ke atas