SINDIKASI
twitter facebook
Sabtu, 26 November 2011 | 00:20 WIB

UMK Kukar 2012 Sebesar Rp1,2 Juta

Oleh: Koran Kaltim
UMK Kukar  2012 Sebesar Rp1,2 Juta
inilah.com/dok

INILAH.COM, Tenggarong – Besaran Upah Minimum Kabupaten (UMK) Kutai Kartanegara (Kukar) akhirnya telah disepakati antara perwakilan pekerja melalui syarikat pekerja bersama perwakilan perusahaan melalui Apindo lewat rapat Dewan Pengupahan Daerah (Depeda) di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans).

Adapun besaran UMK yang disepakati yakni Rp1,254,712,. Dengan hasil ketetapan itu artinya telah terjadi kenaikan UMK sebesar 8,63 persen atau sebesar Rp99.712,- dari UMK 2011 ini yakni Rp1,155,000,- setiap bulannya.

“Pada rapat terakhir kedua belah pihak,baik pekerja dan pihak perusahaan sudah menyepakati UMK Kukar 2012 akan datang ebesar Rp1,2 juta perbulannya. Hasil ini sudah mendekati Kondisi Hidup Layak (KLH) Kukar tahun 2011 sebesar Rp1,542,273,- per bulannya,” kata Kepala Disnakertrans Herry Mariadi, yang didampingi Kabid Hubungan Industrial dan Syarat-Syarat Kerja, Panut, Jumat (25/11).

Ia melanjutkan, perundingan Depeda untuk menentukan UMK tahun 2012 tersebut berjalan sangat alot. Pasalnya para pihak masih bertahan dengan pendapatnya masing-masing yang melakukan perhitungan UMK sesuai dengan versinya masing-masing, walaupun nilai dari UMK itu sendiri sudah hampir mendekati kesepakatan yang terdekat, hingga pertemuan ketiga.

Namun pada pertemuan keempat atau yang terakhir, kedua belah pihak pun setuju dengan nilai yang disodorkan setelah pihak Disnakertrans melakukan penggabungan kedua pendapat tersebut.

Ke depan, Disnakertrans Kukar akan segera melaporkan hasil kesepakatan itu kepada Bupati Kukar untuk mendapatkan rekomendasi supaya UMK tahun 2012 bisa secapatnya ditetapkan oleh gubernur. “Kita akan segera menindaklanjuti hasil kesepakatan ini untuk ditetapkan Gubernur,” ujar Herry.

Selain itu, Disnakertran pun akan segera membahas Upah Minimun Sektor Kabupaten (UMSK) khusus sektor pertambangan paling lambat pekan depan.

“Kita akan segera merasionalisasi UMSK sektor pertambangan Kukar 2012 yang akan datang, UMK Kukar ini menjadi dasar kita untuk menentukan UMSK sektor pertambangan tersebut,” papar Herry. [mor]

Kembali ke atas