BOLA
twitter facebook
Rabu, 29 Februari 2012 | 01:05 WIB

"Persib Harus Contoh Barcelona"

Oleh: Rivan Mandala Putra
"Persib Harus Contoh Barcelona"
Sutiono Lamso - inilahjabar.com

INILAH.COM, Bandung - Mantan striker Persib Bandung, Sutiono Lamso, mengatakan sebenarnya pemain-pemain muda asli Bandung dan Jawa Barat (Jabar) banyak yang mempunyai potensi.

Bahkan, pemain yang memutuskan pensiun dari sepak bola sejak 2000 ini menyebutkan Jabar adalah gudangnya pemain muda berbakat.

"Sangat disayangkan sekali. Sebenarnya Persib punya banyak pemain muda dengan bakat-bakat yang bagus. Ada banyak bibit-bibit unggul di seluruh SSB (Sekolah Sepak Bola) se-Kota Bandung. Kenapa tidak kita bina dengan baik, dan manfaatkan saja potensi mereka itu,” tegas mantan pelatih Persib U-18 itu.

Suti menambahkan, jika Persib sebagai tim profesional mampu menjalankan pembinaan dengan baik, tidak menutup kemungkinan para bintang besar akan lahir. Dia memberikan contoh, klub besar asal negeri Spanyol, Barcelona. Dengan akademi La Masia, El Barca mampu menghasilkan bibit-bibit unggul tanpa harus melakukan pemborosan uang.

”Pembinaan yang baik bisa mendatangkan keuntungan bagi Persib. Mereka jadi tidak susah untuk mencari pemain bagus. Istilahnya, tinggal pilih dan ambil saja dari tim junior mereka. Tidak ada salahnya Persib mencontoh Barcelona. Mereka tidak sulit mencari pemain berbakat. Karena pembinaan mereka tertata dan terlaksana dengan baik,” saran Suti.

Pencetak gol yang membawa Persib juara Liga Indonesia I 1994/1995 silam itu mengharapkan Maung Bandung bisa berprestasi lebih baik lagi. Dirinya pun berharap dalam beberapa tahun ke depan Persib bisa juara kembali dengan bermaterikan pemain lokal asli binaan sendiri.

"Saya sangat berharap di masa mendatang Persib bisa juara dengan materi pemain lokal semua. Saya optimistis Persib bisa seperti itu,” tutup sang legenda hidup Maung Bandung tersebut.[yob]

Berita Terkait
Kembali ke atas