INILAHKORAN.COM - EKONOMI
twitter facebook
Selasa, 10 April 2012 | 22:54 WIB

Sepertiga Koperasi di Cimahi Tak Aktif

Oleh: Doni Ramdhani
Sepertiga Koperasi di Cimahi Tak Aktif
Dari 347 unit koperasi yang terdaftar di Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Cimahi, sebanyak 123 unit di antaranya tidak aktif. - istimewa

INILAH.COM, Cimahi - Dari 347 unit koperasi yang terdaftar di Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Cimahi, sebanyak 123 unit di antaranya tidak aktif.

Untuk itu, Ketua Dekopinda Kota Cimahi Ade Irawan mengatakan pihaknya akan berupaya untuk mengaktifkan kembali salah satu usaha ekonomi itu. "Memang dari 347 koperasi itu hanya 224 unit yang sekarang masih aktif," kata Ade saat ditemui di sekretariat Dekopinda Cimahi, Selasa (10/4/2012).

Menurutnya, bagaimana caranya untuk menghidupkan kembali koperasi yang tidak aktif itu merupakan salah satu agenda yang akan dibahas pada Rakerda Dekopinda pada 13-14 April mendatang di Pangandaran. Dia menyebutkan, setidaknya 150 peserta perwakilan koperasi itu ikut membahas.

Disinggung mengenai alasan koperasi tersebut tidak aktif, Ade yang juga Ketua DPRD Kota Cimahi itu menyebutkan dikarenakan berbagai hal. Satu alasan di antaranya karena pengelolaan dan manajemen koperasi tersebut yang tidak baik.

"Selain itu, acuan sebuah koperasi yang sehat itu setiap tahunnya menjalankan RAT (rapat anggota tahunan). Dari 224 yang aktif itu juga baru 70 koperasi yang lakukan RAT. Sejauh ini, koperasi yang dinilai cukup baik memberikan kesejahteraan anggotanya baru koperasi PLN dan Dustira yang SHU-nya terbilang tinggi," jelasnya.

Lebih jauh Ade menyebutkan hingga kini terdaftar sekitar 35.000 orang yang menjadi anggota di berbagai koperasi. Dengan kata lain, usaha koperasi itu merupakan sektor usaha yang mempu menyedot 3-4% warga dari total penduduk Cimahi sebanyak 620.000 jiwa.[jul]

Berita Terkait
Kembali ke atas