PASAR MODAL
twitter facebook
Jumat, 4 Mei 2012 | 15:48 WIB

Inilah 3 Paket Suksesi BEI

Oleh: Agustina Melani
Inilah 3 Paket Suksesi BEI
inilah.com/Wirasatria

INILAH.COM, Jakarta - Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) telah menerima tiga paket calon direksi Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 2 Mei lalu.

Paket yang dipimpin oleh Harry Supoyo yang menjabat sebagai Direktur Utama PT Mandiri Sekuritas mendapat dukungan banyak dari anggota bursa. "Kami telah menerima tiga paket calon direksi pada 2 Mei lalu, yang merupakan batas akhir penyerahan nama calon direksi," ujar Kepala Bagian Pengawasan Bapepam-LK Muttaqien, Jumat (4/5/2012).

Lebih lanjut ia mengatakan, Bapepam-LK akan melakukan fit and proper test yang dilakukan oleh Komite yang merupakan pejabat eselon dua Bapepam-LK. Fit and proper test ini dilakukan mulai sekarang hingga 20 Juni 2012. Pengumuman terpilih calon direksi BEI akan disampaikan pada 20 Juni 2012. Lalu paket calon direksi BEI yang terpilih tersebut akan ditetapkan pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) BEI pada 27 Juni 2012 mendatang.

Adapun paket calon direksi BEI tersebut antara lain paket 1 yang dipimpin oleh Direktur Utama BEI sekarang Ito Warsito. Paket kedua dipimpin oleh Edgar Ekaputra yang sekarang menjabat sebagai Direktur PT Danareksa Persero. Sementara paket ketiga dipimpin oleh Harry Supoyo yang sekarang menjabat sebagai Direktur Utama PT Mandiri Sekuritas.

Menurut Kepala Biro Transaksi Lembaga Efek (TLE) Bapepam-LK Yunita Lindasari, ketiga paket tersebut telah memenuhi syarat antara lain minimum 10% nilai perdagangan dalam satu dan memenuhi batas minimum treshold. Paket pertama yang dipimpin oleh Ito Warsito mendapatkan dukungan dari 32 anggota bursa, paket kedua yang dipimpin oleh Edgar Ekaputra mendapatkan dukungan dari 11 anggota bursa, dan paket ketiga yang dipimpin oleh Harry Supoyo mendapatkan dukungan dari 59 anggota bursa.

Yunita menuturkan, Bapepam-LK melakukan proses secara obyektif dan independen dalam pemilihan calon direksi BEI. "Bapepam-LK tidak mengendorse salah satu paket calon direktur maupun komisaris yang diusulkan oleh kelompok anggota bursa maupun pemegang saham," kata Yunita.

Inilah susunan calon direktur PT BEI Periode 2012-2015:
Paket Pertama: Direktur Utama yang dicalonkan yaitu Direktur Utama BEI Ito Warsito, DIrektur Penilaian Perusahaan yang dicalonkan Direktur Utama KPEI Hoesen, Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa yang dicalonkan oleh Hosea Nicky Hogan Gan yang sekarang menjabat sebagau Presiden Direktur Reliance Securities, Direktur Pengawasan Transaksi dan Kepatuhan yang dicalonkan yaitu Hamdi Hassyarbaini yang sekarang menjabat Direktur PT DBS Vickers.

Untuk Direktur Pengembangan yang dicalonkan yaitu Sean Henley yang sekarang menjabat Direktur Utama PT IndoSterling Tech, Direktur TI dan Manajemen Resiko yang dicalonkan yaitu Jimmy Nyo yang menjabat sebagai Direktur Utama PT BNI Securities, dan Direktur Keuangan dan Sumber Daya Manusia yang dicalonkan yaitu Anita yang sekarang menjabat sebagai Direktur Utama PT Trust Securities Anita.

Paket Kedua: Direktur Utama BEI yang dicalonkan yaitu Direktur Utama Danareksa(Persero) Edgar Ekaputra, Direktur Penilaian Perusahaan yang dicalonkan yaitu Direktur PT OSK Nusadana Securities, Direktur Perdagangan dan Transaksi dan Kepatuhan yang dicalonkan Kristian Manullang yang menjabat sebagai Kadiv SPAB BEI.

Sedangkan Direktur Pengembangan yang dicalonkan yaitu Adrian Rusmana yang sekarang menjabat sebagai Direktur PT Trimegah Securities, Direktur TI dan Manajemen Resiko yang dicalonkan yaitu Patricius Sendjojo yang sekarang menjabat sebagai Komisaris Universal Broker, dan Direktur Keuangan dan Sumber Daya Manusia yang dicalonkan yaitu Rudy Utomo yang sekarang menjabat sebagai Direktur Evergreen Capital.

Paket Ketiga: Direktur Utama BEI yang dicalonkan yaitu Direktur Utama PT Mandiri Sekuritas Harry SUpoyo, Direktur Penilaian Perusahaan yang dicalonkan yaitu Jose Rizal yang sekarangmenjabat sebagai Direktur PT Pefindo, Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa yang dicalonkan yaitu Lily Widjaja yang sekarang menjabat sebagai Presiden DIrektur Merrill Lynch Ind, Direktur Pengawasan Transaksi dan Kepatuan yang dicalonkan yaitu Uriep Budhi Prasetyo yang sekarang menjabat sebagai Direktur Pengawasan BEI.

Posisi Direktur Pengembangan yang dicalonkan yaitu Samsul Hidayat yaitu Kabag PLE-Bapepam-LK, Direktur TI dan Manajemen Resiko yang dicalonkan yaitu Adikin Basirun yang sekarang menjabat sebagai Direktur TI BEI, dan Direktur Keuangan dan Sumber Daya Manusia yang dicalonkan yaitu Friderica Widyasari Dewi yang sekarang menjabat sebagai Direktur Pengembangan BEI. [hid]

Berita Terkait
Kembali ke atas