INILAHKORAN.COM - SERBA-SERBI
twitter facebook
Sabtu, 26 Mei 2012 | 20:48 WIB

Aparat Latihan Evakuasi Kebakaran di Pangandaran

Oleh: Andriansyah
Aparat Latihan Evakuasi Kebakaran di Pangandaran
Aparat gabungan melakukan pelatihan penanganan kebakaran di Hotel Valufi di Jalan Pantai Barat, Pangandaran, Ciamis, Sabtu ( 26/5/2012). - inilah.com/Andriansyah

INILAH.COM, Ciamis - Aparat gabungan dari Polri, TNI, Damkar, Basarnas, PMI, dan Lifeguard melakukan pelatihan penanganan kebakaran di Hotel Valufi di Jalan Pantai Barat, Pangandaran, Ciamis, Sabtu ( 26/5/2012).

Tim gabungan melakukan Pelatihan dan Penanganan Evakuasi korban kebakaran di gedung bertingkat dalam rangka meningkatkan kemampuan personel yang akan dibuka secara resmi besok, Minggu (27/5/2012).

Kasat Pol Airud Polres Ciamis AKP Rusli mengatakan kebakaran bisa menimpa kapan saja dan di mana pun bias terjadi termasuk di hotel.

”Pelaksanaan pelatihan dan peragaan SAR pertolongan evakuasi korban kebakaran tersebut merupakan simulasi penanggulangan bencana apabila terjadinya kebakaran di lingkungan hotel dengan sistem yang akan digunakan adalah sistem standarisas SAR, “ ujarnya kepada INILAH.COM di sela-sela kegiatan di Hotel Valufi, Jalan Pantai Barat Pangandaran, Sabtu (26/5/2012).

Rusli mengatakan bahwa di wilayah Ciamis umumnya dan khususnya kecamatan Pangandaran banyak memiliki gedung-gedung perhotelan yang bertingkat yang memungkinkan terjadinya kebakakaran yang dapat menimbulkan korban jiwa.

”Oleh karena itu dalam menghadapi kemungkinan adanya kejadian bencana kebakaran, maka dibutuhkan pendidikan dan pelatihan terhadap penanggulangan bencana yang dikenal dengan sistem SSMKD (standar sistem manajemen keadaan darurat) selanjutnya kegiatan simulasi di lapangan ini bertujuan meminimalisasi banyaknya korban akibat bencana tersebut,” tegasnya.

“Dalam pelaksanaan simulasi pertolongan evakuasi korban kebakaran yang akan dilaksanakan besok cukup panjang dan lama, serta kami mencoba akan mensimulasikan dan memperagakan seefisien mungkin.” Tuturnya.

Pelatihan simulasi yang melibatkan puluhan anggota polri, yang diantaranya, Anggota Dalmas, Anggota Polairud, Polres Ciamis yang tergabung dalam lima sector, serta anggota koramil, lifeguard, Damkar, PMI dan Basarnas, pelatihan juga diberikan kepada satpam hotel.

”Kita juga memberikan latihan kepada satpam hotel, agar mereka tahu secara teknis evakuasi korban dalam setiap kejadian," katanya.[jul]

Berita Terkait
Kembali ke atas