INILAHKORAN.COM - POLITIK DAN PEMERINTAHAN
twitter facebook
Senin, 4 Juni 2012 | 15:25 WIB

KPUD Seleksi 173 Orang Calon PPK

Oleh: Asep Mulyana
KPUD Seleksi 173 Orang Calon PPK
Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Purwakarta mulai seleksi sedikitnya 173 pendaftar Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Senin (4/6/2012). - istimewa

INILAH.COM, Purwakarta – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Purwakarta mulai seleksi sedikitnya 173 pendaftar Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Senin (4/6/2012). Seleksi dalam bentuk tes tertulis dan wawancara ini untuk menyaring pendaftar menjadi 85 orang yang akan bertugas di masing-masing kecamatan.

Dari pantauan INILAH.COM, seleksi yang diawali tes tertulis ini dilaksanakan di aula KPUD Purwakarta, Jalan Flamboyan sekitar pukul 09.00 WIB dengan pengawasan ketat pegawai lembaga penyelenggara pemilu itu. Dalam tes tersebut, para peserta diberi 50 soal yang harus dikerjakan selama 90 menit.

Salah satu anggota KPUD Purwakarta, Nurlaila Mukaromah menyebutkan, pelaksanaan seleksi anggota PPK ini sesuai dengan jadwal tahapan Pemilukada. Mekanisme seleksi dibagi kedalam dua tahapan. Tahapan pertama berupa tes tertulis. Tahap kedua, wawancara yang dilaksanakan dalam dua termin.

“Setelah pendaftar mengikuti tes tertulis, pendaftar dari kecamatan terjauh langsung mengikuti wawancara. Kecamatan tersebut, di antaranya Kiarapedes, Wanayasa, Bojong, Plered, Maniis, Sukasari, serta Tegalwaru. Sisa kecamatan mengikuti wawancara pada Selasa (5/6/2012),” kata Nurlaila.

Menurut Nurlaila, agar pendaftar dari kecamatan terjauh tidak bolak-balik, pada hari itu juga hasil tes tulis langsung diumumkan untuk mengetahui seberapa niai yang didapat para pendaftar. Karena, dari 173 yang mengembalikan formulir itu, hanya 85 di antaranya yang dilantik pada 21 Juni mendatang.

Terkait pendaftaran Panitia Pemungutan Suara (PPS), Nurlaila mengaku, sempat molor akibat minimnya pendaftar. Namun, setelah dilakukan perpanjangan waktu pendaftaran akhirnya jumlah pendaftar melebihi kuota. Pasalnya, dari 771 pendaftar yang mengambil formulir, sebanyak 683 yang mengembalikan ke KPUD.

Jumlah sebanyak itu akan diseleksi menjadi 576 orang yang akan bertugas di 192 desa dan kelurahan, dengan masing-masing desa sebanyak 3 orang petugas. Hanya saja, seleksi untuk anggota PPS masih menunggu selesai seleksi anggota PPK.[ang]

Berita Terkait
Kembali ke atas