INILAHKORAN.COM - PENDIDIKAN
twitter facebook
Rabu, 27 Juni 2012 | 19:01 WIB

PAUD Dinilai Lebih Baik Gunakan Bahasa Ibu

Oleh: Riza Pahlevi
PAUD Dinilai Lebih Baik Gunakan Bahasa Ibu
Spesialis Pendidikan Multibahasa SIL International Indonesia Luminda Tahapary mengatakan pada pendidikan anak usia dini (PAUD) lebih baik menggunakan bahasa ibu. - ilustrasi

INILAH.COM, Bandung - Seiring berkembangnya arus globalisasi dalam perkembangan pendidikan, Spesialis Pendidikan Multibahasa SIL International Indonesia Luminda Tahapary mengatakan pada pendidikan anak usia dini (PAUD) lebih baik menggunakan bahasa ibu.

“Bahasa ibu merupakan bahasa sehari-hari yang dipakai oleh orang tua kepada anaknya setiap hari ketika berbicara dengan dia baik itu di dalam rumah maupun di luar rumah. Dalam bahasa ini pula anak itu biasa berbicara dengan teman-temannya saat bermain-main di rumah dan di luar rumah,” terang Luminda saat ditemui INILAH.COM usai menjadi narasumber dalam acara ‘Ninth International Conference: Language, Development and Identity' di Institut Teknologi Bandung (ITB) Jalan Ganecha Kota Bandung, Rabu (27/6/2012).

Luminda mengatakan dalam bahasa sehari-hari inilah anak berbicara dan mengerti mengenai berbagai hal. Dia diajari makan dan minum, disayangi dan dimarahi oleh orang tua dan keluarga dalam bhasa ini. “Dalam bahasa ini anak lancar berbicara dan bebas mengungkapkan perasaan dan isi hati serta isi pikiran mereka,” jelasnya.

Dia mengatakan perlu adanya tahapan-tahapan yang patut diterapkan dalam PAUD agar anak mampu menerima dengan cepat apa yang disampaikan oleh guru. “Tahapan tersebut bisa dimulai dari penggunaan bahasa ibu dan secara bertahap pindah menggunakan bahasa Indonesia, tentunya dengan strategi kreativitas guru,” ucapnya.

“Selain itu, dalam penerapan PAUD janganlah tergesa-gesa untuk memberikan pelajaran tambahan seperti halnya Bahasa Inggris. Karena untuk di Indonesia bahasa tersebut bukanlah termasuk bahasa sehari-hari,” tuturnya.

Sementara itu berdasarkan hasil survei yang dilakukan Luminda bersama rekan-rekannya di Ambon, dari 95 responden yang diwawancarai terkait penggunaan bahasa dalam PAUD, 90% menyatakan bahwa bahasa sehari-hari atau bahasa ibu ternyata lebih cocok untuk diterapkan pada anak usia dini.

“Maka dari itu kita menyimpulkan bahwa bahasa ibu, memang lebih mudah dicerna oleh anak serta menghasilkan hasil yang positif bagi perkembangan anak,” paparnya.[jul]

Berita Terkait
Kembali ke atas