INILAHKORAN.COM - SERBA-SERBI
twitter facebook
Senin, 8 Oktober 2012 | 15:40 WIB

Angklung Anti Korupsi

Oleh: Riza Pahlevi
Angklung Anti Korupsi
Ditengah maraknya berbagai elemen masyarakat yang mengkampanyekan anti korupsi, musik tradisional Angklung akan menyuarakan anti korupsi. - inilah.com/Riza Pahlevi

INILAH.COM, Bandung - Di tengah maraknya berbagai elemen masyarakat yang mengkampanyekan anti korupsi. Seakan tak mau ketinggalan, musik tradisional Angklung rencananya juga akan menyuarakan anti korupsi, Sabtu (13/10/2012) di Plaza Balai kota Bandung.

"Dengan pagelaran yang bertajuk 'Angklung Vaganza' masyarakat musik angklung Indonesia, bersama Direktorat Jendral Ekonomi Kreatif Berbasis Seni dan Budaya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, melakukan kampanye gerakan anti korupsi melalui produk kreatif seni musik angklung," kata Ketua Pelaksana Angklung Vaganza Moch Sani Winandar, dalam konfrensi persnya di Gedung Indonesia Menggugat, Jalan Perintis Kemerdekaan Kota Bandung, Senin (8/10/2012).

Sani mengatakan sudah banyak cara yang dilakukan individu maupun kelompok masyarakat untuk memerangi korupsi, itu dilakukakn karena mereka menganggap korupsi sudah menjadi penyakit kronis sangat berbahaya yang dapat merusak mental banyak manusia di negeri ini. "Sedikitnya alasan yang menginspirasi kami untuk menyelenggarakan kampanye anti korupsi dalam bentuk gelaran musik angklung yang bertemakan 'Inspiring of Harmony," ujarnya.

Dalam acara yang berlangsung satu hari itu, lanjutnya, akan turut hadir pula seniman-seniman, pengrajin-pengrajin, pengajar-pengajar angklumg dan tentunya keluarga besae bapak angklung modern Indonesia, Almarhum Vapak Daeng Soetigna.

Nantinya para pengunjung akan dihibur dengan pertunjukan kesenian angkulung Daeng dan angklung tradisional. Selain itu, dalam kesempat tersebut diadakan juga lomba cipta lagu khusus musik angklung dengan tema 'aku bisa jujur karena angklung', serta dalam rangkaian acara terdapat pula, workshop pembuatan angklung, pameran dan juga sajian kuliner Kota Bandung.

"Dengan digelarnya Angklung Vaganza ini, kami akan mempertunjukkan angklung melodi terbesar sebagai simbol semangat perlawanan kepada korupsoi dalam segala bentuknya. Kami juga berharap masyarakat tidak lupa akan sejarah angklung sebagai warisan budaya leluhur yang harus dijaga dan dilestarikan," tandasnya.[tan]

Berita Terkait
Kembali ke atas