INILAHKORAN.COM - POLITIK DAN PEMERINTAHAN
twitter facebook
Kamis, 18 Oktober 2012 | 19:05 WIB

KPU Sumedang Data Permasalahan Verifikasi Faktual

Oleh: Vera Suciati
KPU Sumedang Data Permasalahan Verifikasi Faktual
KPU Sumedang - inilah.com/Vera Suciati

INILAH.COM, Sumedang - Dalam tahapan dan jadwal Pemilihan Bupati (Pilbup), hari ini, Kamis (18/10/2012) adalah hari terakhir kegiatan verifikasi faktual berkas dukungan yang dilakukan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Menjelang berakhirnya kegiatan ini, KPU Sumedang akan segera melakukan inventarisasi terhadap permasalahan yang ditemui selama proses verifikasi faktual ini.

“Kami akan segera melakukan inventarisasi semua permasalahan yang ditemukan dalam kegiatan verifikasi faktual untuk ditemukan solusinya,” kata Rika Kusdinar, Anggota KPU Sumedang Divisi Teknis Pencalonan, Kamis (18/10/2012).

Setelah diinventarisasi, katanya, KPU akan membuat berita acara hasil verifikasi dari 283 PPS yang ada di Sumedang. Berita acara berisikan tentang jumlah dukungan yang harus diverifikasi serta hasil verifikasi administrasi dan faktual.

Menurut Rika, dalam kegiatan verifikasi ini, tidak boleh ada nama yang tidak didatangi atau ditanyakan kebenaran dukungannya. “Semua nama dipastikan harus sudah didatangi dan ditanyakan kebenaran dukungannya dengan berbagai cara,” kata Rika.

Untuk itu, di akhir jawdal, jika nanti masih ada sejumlah nama yang masih tidak bisa ditemui, KPU berdasarkan informasi dari PPS, akan berkoordinasi dengan tim sukses pasangan calon untuk mempertemukannya dengan pemilik nama pendukung tersebut.

“Nanti tim sukses mempertemukan PPS dengan pemilik nama tersebut dan di situlah PPS akan menanyakan kebenaran dukungannya,” kata Rika.[jul]

Berita Terkait
Kembali ke atas