BOLA
twitter facebook
Selasa, 30 Oktober 2012 | 04:34 WIB

Iniesta Sempat Diragukan oleh Barca

Oleh: Farid Kusuma
Iniesta Sempat Diragukan oleh Barca
Andres Iniesta - ist


INILAH.COM, Barcelona - Nama Andres Iniesta tak bisa dipisahkan dari kekuatan Barcelona dan Timnas Spanyol. Berbekal kemampuan olah bola serta visi yang menakjubkan, ia mampu menghidupkan permainan.

Namun, ternyata gelandang serang itu, sempat diragukan bisa menjalani pendidikan hingga menembus tim inti Barca.

Pemilik nomor punggung 8 di skuad Blaugrana itu mulai masuk lingkungan Akademi La Masia pada tahun 1996 atas rekomendasi pencari bakat handal, Albert Benaiges.

Pria yang juga menemukan bakat Victor Valdes, Gerard Pique dan Jordi Alba itu mengutarakan pengalamannya saat pertama kali berurusan dengan Iniesta.

"Pada tahun 1996, saya masih melatih tim junior Barca. Saat itu tengah berlangsung turnamen di Brunete dan itulah pertama kalinya saya menyaksikan Iniesta yang bermain untuk Albacete," buka Albert Benaiges, seperti dinukil Marca.

"Ia tampak sangat mungil, dengan kulit yang mengkilap dan terlihat cedrik. Itulah kesan pertama saat melihatnya," sang pemantau bakat menyambung.

Setelah mendapat kesan positif, Benaiges meminta utusannya untuk segera merekrut Iniesta kecil yang masih berusia 12 tahun dan orang tuanya mengizinkan.

"Saat harus tinggal di La Masia, ia terlihat tertekan karena hanya dikunjungi oleh orang tuanya sekali dalam kurun 15 hari. Karena itu, saya merasa ragu Iniesta bisa menyelesaikan pelatihan hingga masuk tim inti," tegas pria yang saat ini berperan sebagai pengembang pemain muda klub Al Wasl.

Tapi, hal yang dikhawatirkan ternyata tak terbukti. Andres Iniesta Lujan pun mulai mendapat tempat di skuad utama pada tahun 2002 dan menjadi pilar hingga saat ini.

Sederet gelar bergengsi telah dipersembahkan bagi Barcelona dan Timnas Spanyol, seperti juara La Liga, Liga Champions, serta Piala Dunia 2010 dan dua kali Piala Eropa (2008 dan 2012).[yob]

Berita Terkait
(Jelang Final Piala Raja) Tanpa Ronaldo, Madrid Tetap Berbahaya
Kembali ke atas