INILAHKORAN.COM - LINTAS JABAR
twitter facebook
Selasa, 18 Desember 2012 | 14:32 WIB

Pemkab Ciamis Alokasikan Dana Tak Terduga Rp10 M

Oleh: Andriansyah
Pemkab Ciamis Alokasikan Dana Tak Terduga Rp10 M

INILAH, Ciamis - Pemkab Ciamis mengalokasikan dana tidak terduga (DTT) sebesar Rp10 miliar yang masuk dalam APBD tahun anggaran (TA) 2013 mendatang.

Berdasarkan catatan di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis, dalam kurun waktu dua bulan terakhir di musim hujan sedikitinya ada 40 kejadian bencana longsor dan pergerakan tanah di wilayah Ciamis menyebar di 15 belas kecamatan, yakni Langkaplancar, Padaherang, Sidamulih, Cigugur, Parigi, Kalipucang, Panjalu, Cikoneng, Cipaku, Rajadesa, Jatinegara, Tambaksari, Rancah, Panawangan dan Kecamatan Kawali.

Bupati Ciamis Engkon Komara mengatakan hujan yang melanda Ciamis, serta banyaknya musibah longsor dan banjir serta pergerakan tanah, hingga membuat warga yang kena musibah mengungsi ketempat yang lebih aman.

"Pada 2012 Pemkab Ciamis hanya mengalokasikan dana tidak terduga (DTT) sebesar Rp1,5 miliar dan itu pun sudah habis terpakai. Untuk tahun depan (2013) Pemkab Ciamis menganggarkan DTT sebesar Rp10 miliar dari APBD tahun anggaran 2013," ujarnya, Selasa (18/12/2012).

Menurutnya, dana sebesar itu bisa digunakan untuk penanggulangan darurat bencana alam. "Selama musim hujan yang melanda Ciamis dan sekitarnya hingga menimbulkan puluhan kali bencana longsor. Dalam kondisi seperti ini, saya berharap pihak pemerintah setempat, mulai dari Desa, Kecamatan dan masyarakat perlu waspada," tegasnya.

Dengan seringnya terjadi bencana musibah longsor, kata Engkon, Pemkab menyiagakan 24 jam sejumlah kendaraan alat berat. "Alat berat bisa digunakan kapanpun, karena alat berat tersebut kami siagakan 24 jam, pasalnya musibah bencana longsor dan banjir datangnya secara tiba-tiba," tutupnya.[jul]

Berita Terkait
Kembali ke atas