INILAHKORAN.COM - LINGKAR BANDUNG
twitter facebook
Selasa, 8 Januari 2013 | 13:54 WIB

2013, Harga Daging Sapi dan Ayam Masih Tinggi

Oleh: Yogo Triastopo
2013, Harga Daging Sapi dan Ayam Masih Tinggi
inilah.com

INILAH, Soreang - Kasi Distribusi Informasi Kabupaten Bandung, Wenny Winarny menuturkan, di tahun 2013 kebutuhan barang pokok sehari-hari tidak mengalami kenaikan yang signifikan. Data ini didapat dari 11 pasar yang terdapat di wilayah Kab Bandung.

"Menginjak tahun 2013 ini, harga sembako tidak mengalami kenaikan. Hanya untuk harga daging Sapi dan Ayam saja yang naik. Selebihnya masih sama dengan harga tahun lalu," kata Wenny di Komplek Pemerintahan Kabupaten Bandung, Selasa (8/1/2013).

Menurut Wenny, kenaikan harga daging Ayam dikarenakan adanya isu flu burung. Sedangkan untuk daging Sapi, naik lantaran adanya pengurangan daging import yang masuk ke Indonesia.

"Hari ini di pasar Banjaran, daging sapi naik sebesar Rp5.000 perkilo dari Rp80.000. Sedangkan daging Ayam naik sebesar Rp5.000 dari perkilonya dari Rp24.000" ucapnya.

Namun begitu, kebutuhan bahan pokok lainya tetap dalam keadaan stabil. Ini didapat setelah pihaknya mendapatkan laporan dari beberapa pasar yang berada di wilayah Kab Bandung. Seperti bawang putih tetap dikisaran Rp16.000. Untuk sayuran seperti kentang pun tetap berada dinominal Rp8.000 perkilo.

Sementara itu pihaknya menepis, jika tudingan adanya baso daging babi yang beredar di wilayah Kab Bandung. "Isu baso daging babi nggak ada disini. Kami waktu itu (tim) melakukan sidak ke beberapa lokasi, dan kami tidak menemukan baso yang terbuat dari daging babi. Ternyata untuk mensiasati melonjaknya harga daging sapi selama ini, para pelaku penjual baso mengganti daging sapi dengan ikan," pungkasnya.[ang]

Berita Terkait
Kembali ke atas