NASIONAL
twitter facebook
Kamis, 10 Januari 2013 | 14:25 WIB

Djoko Susilo Dijenguk Teman Angkatan di Akabri

Oleh: Firman Qusnulyakin
Djoko Susilo Dijenguk Teman Angkatan di Akabri
Tersangka korupsi simulator SIM di Korlantas Mabes Polri Djoko Susilo - inilah.com/Agus Priatna

INILAH.COM, Jakarta - Djoko Susilo, tersangka korupsi simulator SIM di Korlantas Mabes Polri mendapat kunjungan teman seangkatan di Akabri '84.

Para kolega mantan Kepala Korlantas itu mendatangi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengajukan izin agar bisa bertemu Djoko yang ditahan di Rutan Guntur, Jakarta. Mereka yang menjenguk ada yang berpakaian safari dan berseragam polisi lengkap.

Mereka mengisi buku tamu di KPK, kemudian mengajukan izin agar bisa bertemu Djoko, hari ini, Kamis (10/1/2013). Setelah itu, mereka pun menuju Rutan Guntur tempat Djoko Susilo ditahan.

Nama-nama jenderal yang menjenguk itu diperoleh dari Buku Tamu KPK antara lain, Brigjen Pol Roni F Sompi, Mayjen TNI Agus Sutomo, Brigjen Pol Condro Kirono, Brigjen Pol Bekti Suhartono, Brigjen Pol Setyo Wasisto, Brigjen Pol Sistersin Mamadoa, dan Brigjen Bambang Sriherwanto.

Sejumlah perwira menengah juga ikut menjenguk. Mereka antara lain Kombes Pol Samsul Bahri, Kombes Pol Musyafak, Kombes Pol Rajali, Kombes Pol Nixon Manurung, Kombes Pol Johanes Agus Mulyono, Kombes Pol Imam Jauhari, Kombes Pol Edi Kustoro, Kombes Pol Joni, Kombes Pol Ahmad Lumumba, dan Kombes Pol Halin Majali.

KPK menetapkan Irjen Pol Djoko Susilo dan Brigadir Jenderal Didik Purnomo sebagai tersangka pada kasus dugaan korupsi pengadaan simulator SIM roda dua dan roda empat pada tahun 2011. Keduanya diduga menyalahgunakan kewenangan dan dijerat dengan Pasal 2 Ayat 1 dan Pasal 3 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 Ayat 1 ke-1 KUHP juncto Pasal 56 KUHP.

KPK juga menetapkan dua pihak swasta, yakni Direktur Utama PT Citra Mandiri Metalindo Abadi (PT CMMA) Budi Susanto dan Direktur Utama PT Inovasi Teknologi Indonesia (PT ITI) Sukotjo S Bambang dengan pasal yang sama. [mvi]

Berita Terkait
Kembali ke atas