BOLA
twitter facebook
Minggu, 13 Januari 2013 | 21:08 WIB

Messi Selamatkan Persib dari Kekalahan Memalukan

Oleh: Boy Leonard Pasaribu
Messi Selamatkan Persib dari Kekalahan Memalukan
Parfait Mbida Messi - Ist

INILAH.COM, Bandung - Gol Parfait Mbida Messi di masa injury time menyelamatkan Persib Bandung dari kekalahan memalukan saat menjamu Persipura Jayapura di Stadion Siliwangi, Minggu (13/1/13) malam WIB.

Laga berakhir imbang 1-1 setelah kedua tim sama-sama mencetak satu gol lewat sepak pojok. Persipura unggul lebih dulu lewat sundulan Bio Paulin di babak pertama sementara Persib menyamakan lewat sontekan lutut Messi.

Pelatih Persib Bandung, Djadjang Nurdjaman, memilih duet Georges Parfait Mbida Messi dan Hariono di lini tengah dan membangkucadangkan gelandang Timnas Indonesia, Firman Utina. Di lini depan, Maung Bandung mengandalkan duet Kenji Adachihara dengan Dzumafo Epandi.

Tim Tamu di bawah besutan Jacksen Tiago menurunkan skuad terbaiknya. Boaz Solossa dan Patrich Wanggai di lini depan didukung kuartet Ian Kabes, Zah Rahan, Emanuel Wanggai dan Lim Jun Sik.

Persib mengawali laga dengan mantap. Hanya beberapa menit setelah wasit meniup peluit awal pertandingan, Kenji mendapat peluang. Ia menerima umpan lambung dari tengah ke kotak penalti dengan kontrol yang sempurna. Sayang bola tendangannya dari sisi kiri kotak penalti lawan masih melebar tipis di samping tiang jauh.

Alur serangan Persib cukup lancar mengalir di babak pertama ini, khususnya dari sayap kiri yang diisi Atep. Kerjasama Atep, Hariono maupun Messi mampu membuat bola terus mengalir dan membuat Persipura sulit mengembangkan permainan. Sayang, lini tengah tak mampu terhubung dengan baik di lini depan. Akibatnya serangan selalu berakhir sia-sia begitu memasuki daerah pertahanan lawan.

Hal serupa juga terjadi di kubu Persipura. Pasukan Jacksen Tiago terburu-buru menyerang begitu mendapatkan bola. Alhasil, tak banyak opsi untuk membuka pertahanan lawan begitu bola sudah berada di daerah berbahaya.

Meski demikian, Mutiara Hitam berhasil mencetak gol pembuka lewat situasi bola mati pada menit ke-22. Sepak pojok Boaz dari sisi kiri pertahanan lawan ditanduk Bio Paulin di tiang jauh. Bola memantul ke tanah sebelum menggetarkan jala lawannya.

Tempo permainan tak berubah hingga memasuki menit-menit akhir. Kedua tim juga kesulitan mengurai pertahanan lawan. Alhasil, skor 0-1 untuk tim tamu Persipura bertahan hingga waktu turun minum.

Awal pertandingan babak kedua sempat terhenti masing-masing sekitar dua menit saat perangkat pertandingan meminta suporter untuk tidak menyalakan kembang api.

Persib punya peluang pada menit 55. Sepak pojok Messi berhasil disambut sundulan Dzumafo, namun bola masih membentur mistar gawang.

Persipura peningkatan permainan dengan mengoptimalkan serangan lewat umpan silang. Namun lewat serangan balik, bek mereka, Ottavio Dutra, nyaris melakukan blunder.

M. Ridwan memberikan umpan terobosan kepada Supardi yang menusuk ke kotak penalti dari sayap kanan. Supardi melepaskan umpan silang datar dan dihalau Dutra. Bola melambung tipis di atas mistar, nyaris menjadi gol bunuh diri.

Tekanan terus diberikan Persib. Satu peluang lagi didapat dari situasi bola mati pada menit ke-73. Tendangan Mbida Messi dari jarak sekitar 27 meter melengkung ke arah pojok kiri atas gawang lawan, namun bola masih sedikit lebih tinggi di atas mistar.

Menit ke-80, Zah Rahan mencoba memperbesar keunggulan timnya, memanfaatkan longgarnya penjagaan lawan. Tendangannya dari luar kotak penalti mengarah ke sudut kiri bawah gawang lawan, namun masih bisa diantisipasi kiper Made Wirawan.

Miskomunikasi terjadi di lini pertahanan Persib. Saat kiper I Made Wirawan bergerak maju, bek Abanda Herman justru memberikan back pass dengan sundulannya. Beruntung bagi Persib, walau tak mampu ditangkap Made, bola bergulir deras ke samping tiang gawang sebelum sempat disambar pemain sayap Persipura, Ferinando Pahabol.

Tindakan tak terpuji dilakukan Messi saat berebut bola dengan Lim Jun Sik di menit ke-89. Saat sama-sama terjatuh, Messi melayangkan sikutnya ke muka Lim, yang dibalas sikut Lim ke rusuk Messi. Tak berhenti sampai di situ, Messi, yang lebih dulu bangun, memegang muka Lim, yang masih terbaring, dengan kedua tangannya dan mendorong kepala Lim ke tanah. Wasit hanya memberikan kartu kuning untuk Messi.

Beruntung wasit tak mengeluarkan kartu merah karena Messi justru mencetak gol penyeimbang di masa perpanjangan waktu. Sepak pojok Firman Utina dikonversi menjadi gol dengan lututnya pada menit ke-90+5. Kedudukan 1-1 bertahan hingga usai.

Susunan pemain inti:

Persib Bandung: I Made Wirawan; Abanda Herman, Naser Al Sebai, Tony Sucipto, Supardi; Muhammad Ridwan, Mbida Messi, Hariono, Atep; Kenji Adachihara, Dzumafo Epandi. Pelatih: Djadjang Nurdjaman

Persipura Jayapura: Yoo Jae Hoon; Ricardo Salampessy, Otavio Dutra, Bio Paulin; Ruben Sanadi, Ian Kabes, Imanuel Wanggai, Lim Jun Sik, Zah Rahan; Boas Solossa, Patrich Wanggai. Pelatih: Jacksen F Thiago.

Berita Terkait
Kembali ke atas