METROPOLITAN
twitter facebook
Senin, 21 Januari 2013 | 12:35 WIB

Sakit Nyeri Bahu Karena Salah Tidur

Oleh: Suyadi
Sakit Nyeri Bahu Karena Salah Tidur
ist

GANGGUAN sakit nyeri di bahu seperti, leher sulit menengok, tangan susah digerakan, terasa pegal terus menerus, sakit kepala dan lesu, bisa diatasi dengan memijat titik meridian pusat urat syaraf di tangan dan kaki.

Di daerah bahu dilalui oleh meridian yank di tangan, dan zin dikaki. Karena itu semua rangsang negatif yang menimbulkan sakit, termasuk sakit nyeri di bagian bahu bisa diringankan dengan menekan atau memijat titik refleksi yang berhubungan langsung dengan organ bahu (tulang bahu, urat dan otot bahu, persendian, kelenjar limpha dan saluran air kemih).

Gangguan sakit nyeri bahu yang banyak menyerang orang, terutama bagi mereka yang tidak pernah olahraga ini, pada umumnya disebabkan kondisi udara. Yaitu angin dingin dan lembab yang jika menyerang meridian melewati bahu dapat menghambat aliran energi vital.

Perilaku salah gerak, posisi tidur yang salah, mengangkat beban yang berat bisa mengakibatkan perlengketan, ketegangan atau otot bergeser, dan menimbulkan rasa sakit. Marah, kesal dapat meningkatkan emosional atau memanaskan energi hati. Hawa panas mengikuti energi kandung empedu naik ke bahu menyebabkan bahu tegang dan nyeri.

Gejala-gejala yang sering muncul akibat sakit nyeri bahu antara lain pegal dan linu. Jika bagian yang nyeri itu dihangatkan akan terasa lebih enak, namun kadang-kadang masih disertai pusing dan leher kaku.

Penyembuhan sakit nyeri bahu yang paling ampuh adalah menghindari penyebab timbulnya sakit atau pemicu kambuhnya gangguan. Selain itu juga bisa dipijat di titik-titik akupresor yaitu titik melancarkan energi meridian, terutama di usus kecil, menenangkan syaraf, membersihkan panas, atau mengusir angin.

Setiap titik refleksi meridian ditekan atau pijat 30 sampai 40 hitungan, terapi ini bisa dikerjakan sendiri. Atau akan lebih abdol dan tepat jika nda datang ke ahli terapis.

Kembali ke atas