NASIONAL
twitter facebook
Senin, 21 Januari 2013 | 16:05 WIB

Fraksi PKB Laporkan Kinerja 2012

Oleh: Marlen Sitompul
Fraksi PKB Laporkan Kinerja 2012
inilah.com/Marlen Sitompul

INILAH.COM, Jakarta - Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) melaporkan kinerjanya sepanjang 2012. Kinerja berupa kebijakan-kebijakan legislatif yang berdampak besar kepada publik.

Ketua Fraksi PKB Marwan Jafar mengatakan laporan kinerja Fraksi PKB itu dituangkan dalam sebuah buku. Hal itu guna masyarakat mengetahui kinerja PKB dalam membangun kepercayaan rakyat.

"Semuanya kami tulis dalam buku laporan yang kami berikan secara cuma-cuma," jelas Marwan, di ruang Fraksi PKB, Jakarta, Senin (21/1/2013).

Laporan ini memiliki beberapa manfaat penting. Yang paling utama, buku tersebut ditujukan untuk konstituen PKB yang mayoritas adalah masyarakat dan simpatisan Nahdhatul Ulama.

Masyarakat terutama pemilih PKB perlu mengetahui apa saja yang sudah dilakukan partai selama ini. Berbagai macam kebijakan legislatif yang disetujui PKB sangat mendukung kepentingan rakyat. Dia mencontohkan RUU (rancangan undang-undang) Desa yang didukungnya sejak periode 2004-2009.

"Itu masih terus didorong sampai saat ini. PKB berdiri di garda terdepan mendukung RUU ini," imbuhnya.

Tidak kurang dari 20 RUU disepakati PKB. Semuanya berkaitan dengan penguatan masyarakat, pembangunan desa, perlindungan petani, dan pembangunan lingkungan serta energi. RUU tersebut antara lain tentang pencegahan dan pemberantasan pembalakan liar, RUU tentang perubahan atas UU tentang minyak dan gas bumi, dan RUU tentang penanganan konflik sosial.

"RUU tersebut kami nilai sangat penting untuk didahulukan," jelas Marwan. RUU lainnya juga menjadi perhatian PKB.

Selain itu, masyarakat perlu mengetahui PKB tegas dalam bersikap terkait legislasi. Jika tidak sesuai dengan kepentingan rakyat maka akan ditolak. "Kita tidak main-main. Yang mengancam rakyat harus ditolak. Kepentingan rakyat harus diutamakan, karena berada di atas semua kepentingan golongan, apalagi individu," tegas anggota Komisi V DPR itu.

Masyarakat juga perlu mengetahui dengan laporan ini, PKB terbukti sebagai partai yang memiliki konstituen yang kuat. Dia menyatakan 2014 diharapkan sebagai momentum PKB untuk meraih tiga besar. "Kita mengakar dan tidak main-main," imbuhnya. [rok]

Kembali ke atas