INILAHKORAN.COM - LINTAS JABAR
twitter facebook
Minggu, 3 Februari 2013 | 22:00 WIB

Awas! Jalan Cianjur-Sukabumi Berlubang

Oleh: Benny Bastiandy
Awas! Jalan Cianjur-Sukabumi Berlubang
Ruas Jalan Raya Gekbrong sepanjang hampir 15 km, hampir di setiap titik, terdapat banyak lubang menganga sehingga memicu kecelakaan. - inilah.com/Benny Bastiandy

INILAH, Cianjur - Ruas Jalan Raya Gekbrong sepanjang hampir 15 km, hampir di setiap titik, terdapat banyak lubang menganga sehingga memicu kecelakaan.

Ini adalah jalan yang menghubungkan Kabupaten Cianjur dengan Sukabumi. Namun kondisinya payah. Sejak dari Cianjur menuju Sukabumi, mulai terlihat lubang-lubang menganga. Sebut saja saat memasuki Kecamatan Warungkondang hingga Gekbrong.

Pun saat memasuki perbatasan Kabupaten Sukabumi di sekitar Cimangkok hingga Sukaraja. Kondisi jalan berlubang, ada yang diberi tanda peringatan agar pengemudi terhindar dari kecelakaan. Hanya saja, tak sedikit yang dibiarkan sehingga rentan kecelakaan lalu lintas.

Firman (28), seorang pengguna jalan mengatakan, jalan berlubang dari arah Kabupaten Cianjur menuju Sukabumi terlihat sejak dari Kecamatan Warungkondang. Diameternya bahkan ada yang diperkirakan mencapai 30 cm dengan kedalaman mencapai 10-15 cm.

"Jika tak berhati-hati, bisa dipastikan pengendara bisa terjatuh, terutama sepeda motor. Apalagi kalau malam hari, akan lebih berbahaya karena di sepanjang ruas jalan itu minim lampu penerangan," kata Firman kepada INILAH, Minggu (3/1/2013).

Kasatlantas Polres Cianjur AKP Sudewo mengatakan, angka kecelakaan lalu lintas di Cianjur satu di antaranya disebabkan kondisi jalan rusak. Dia mengaku sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Cianjur dan Dinas Bina Marga mengenai beberapa penyebab kecelakaan di jalan, seperti minimnya Penerangan Jalan Umum (PJU) dan jalan rusak.

"Untuk Jalan Cianjur-Sukabumi statusnya milik provinsi. Jadi kewenangannya ada di provinsi. Meski demikian, kami sudah menyurati dan memberi tahu mengenai kondisi jalan rusak tersebut," ujarnya, belum lama ini.

Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Cianjur Cecep Buldan berharap, Balai Pengelola Jalan Provinsi Jabar bisa melihat langsung kondisi jalan rusak. Menurutnya, kondisi jalan rusak tidak hanya terjadi di Gekbrong, tapi hampir setiap perbatasan antardaerah.

Dia lantas menyebut Jalan Raya Cikalong Kulon yang menghubungkan Kabupaten Cianjur dengan Kabupaten Purwakarta. "Kondisinya juga rusak parah. Sudah sering terjadi kecelakaan karena kondisi jalan berlubang," terangnya saat dihubungi INILAH melalui telepon selulernya, Minggu (3/1/2013).[den]

Berita Terkait
Kembali ke atas