METROPOLITAN
twitter facebook
Selasa, 19 Februari 2013 | 17:53 WIB

DKI dan Komnas PA Tingkatkan Perlindungan Anak

Oleh: Firman Qusnulyakin
DKI dan Komnas PA Tingkatkan Perlindungan Anak
Sekjen Komnas PA, Samsul Ridwan - inilah.com

INILAH.COM, Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA), membahas beberapa upaya terkait perlindungan terhadap anak, mengingat kasus-kasus yang terjadi DKI Jakarta sangat kompleks.

Sekjen Komnas PA, Samsul Ridwan mengatakan, usai bertemu dan berdialog dengan Asisten Kesejahteraan Rakyat Pemprov DKI Jakarta, Mara Oloan Siregar, tercapai beberapa kesepakatan untuk memberikan perlindungan terhadap anak-anak di Jakarta.

Kesepakatan yang terbangun yaitu membentuk pos layanan anak diseluruh RT dan RW sebagai upaya pencegahan terjadinya kasus kekerasan terhadap anak.

Dua daerah akan dijadikan pilot project yaitu Kelurahan Kampung Tengah dan Kelurahan Pulo Gebang Cakung, tempat kasus anak yang diperkosa hingga meninggal.

"Selain itu, akan dibuat Nota Kesepahaman mengenai standar pelayanan anak korban narkotika. Semuanya diwujudkan dalam bentuk Pergub atau sejenisnya," ujar Samsul, Selasa (19/2/2013).

Kesepakatan lainnya, Pemrpov DKI Jakarta juga sepakat untuk melaksanakan Kongres Anak Indonesia ke-XII di Jakarta sebagai bagian dari pemenuhan hak partisipasi anak.

Car Free Day juga akan dijadikan momen untuk mengkampanyekan Darurat Nasional Kejahatan Seksual dengan melibatkan kader-kader PIK (Pusat Informasi Keluarga) di masing-masing Kelurahan dengan menghadirkan Menteri KPPA Linda Amalia Sari, Ibu Iriana Joko Widodo dan Ibu Basuki Tjahaja Purnama.

"Kesepakatan ini akan dibahas secara teknis dengan Pemprov DKI tanggal 26 Februari mendatang dan akan dilaksanakan pada awal Maret," ujar Samsul.

Samsul berharap kesepakatan ini nantinya akan memberikan perlindungan kepada anak-anak di DKI Jakarta yang nantinya bisa dilakukan di daerah lain di Indonesia.[bay]

Berita Terkait
Kembali ke atas