METROPOLITAN
twitter facebook
Minggu, 3 Maret 2013 | 12:44 WIB

Rombongan Besan Tertabrak Kereta di Pasar Minggu

Oleh: Ahmad Farhan Faris
Rombongan Besan Tertabrak Kereta di Pasar Minggu
Foto : Ilustrasi

INILAH.COM, Jakarta - Sebuah bus Kopaja P19 jurusan Tanah Abang-Ragunan tertabrak kereta api di Jalan Kemuning Raya Pasar Miggu, Volvo, Jakart Selatan. Bus tersebut membawa rombongan pengantin.

Menurut penjaga pintu perlintasan kereta api Pasar Minggu, Kamijan, saat itu alarm pertanda kereta akan datang sudah didengungkan. Namun mengingat rombongan besan, sehingga sopir Kopaja tak sabar memaksakan untuk menerobos kendaraannya.

"Alarm sudah dibunyikan, tapi dua mobil pertama rombongan itu lolos. Nah bus ini maksain nyerobot mau belok kanan, kan enggak bisa lewat tuh karena belok kanan. Mau maju mentok warung, mundur kena rel kereta. Tadi sekitar jam 09.15 WIB kejadiannya," kata Kamijan saat ditemui di lokasi, Minggu (3/3/2013).

Saat itu, Kamijan pun langsung keluar dan berteriak menyuruh penumpang yang ada didalam bus segera turun keluar. Sebelumnya, Kamijan telah memerintahkan sopir agar mengambil arah laju kiri dulu (arah Kalibata) nanti baru puter balik.

"Namun lain cerita hingga akhirnya kereta pun menyerempet bagian belakang bus tersebut, untungnya tidak sampai terjungkil busnya hanya bergeser saja," jelasnya.

Kamijan menuturkan, akibatnya ada beberapa orang yang mengalami luka-luka sehingga dilarikan ke rumah sakit. "Ada sekitar sembilan orang kayaknya ya, dibawa ke rumah sakit," kata dia.

Sementara Kanit Kecelakaan Lalulintas Polres Jakarta Selatan, Ajun Komisaris Sigit Purwanto mengatakan, semula Kopaja B 7978 berjalan dari arah barat ke timur. Namun begitu sampai di perlintasan Volvo, sopir Kopaja tidak memperhatikan rambu-rambu.

"Sopir terlaku memaksakan untuk berjalan belok ke kanan, namun bersamaan dengan itu dari selatan ke utara ada kereta rel listrik 459 yang melintas. Maka terjadi kecelakaan," ujar Sigit.

Atas kejadian tersebut, kata Sigit, ada sekitar sembilan orang yang harus mendapatkan pertolongan perawatan sehingga dilarikan ke Rumah Sakit Siaga, Rumah Sakit JMC dan Rumah Sakit Budi Asih.

"Sopir sudah ditemukan karena ia bertanggungjawab membawa korban ke RS. Sedangkan polisi langsung ke TKP di antaranya Aiptu Bambang, Aiptu Samsu Hadi, Bripda Anton Sujarwo dan Bripka Warsito," jelasnya.

Berikut nama-nama korban kecelakaan kereta api:

1. Mimin Aminah, 47, luka belakang kiri dan sikut kiri
2. Yati Suhaesih, 52, luka lengan kiri dan kepala
3. Iwan Aji Partio, 8, mengalami luka kening kanan
4. Salwi, luka di bagian bahu kiri, pungung, dada
5. Hesti, 56, mengalami luka kaki
6. Tayat, 32, mengalami luka di bagian sikut kanan kiri (RS Siaga)
7. Onah, 45, mengalami lka pada kepala dirawt di RS JMC
8. Supriyatin, luka kepala dirawat di RS JMC
9. Danil dirawat di RS Budi Asih

Berita Terkait
Kembali ke atas