INILAHKORAN.COM - LINTAS JABAR
twitter facebook
Minggu, 3 Maret 2013 | 13:59 WIB

Tahapan Pilbup Garut Tetap Sesuai Jadwal

Oleh: Nul Zainul M
Tahapan Pilbup Garut Tetap Sesuai Jadwal
Sekretariat KPU Garut - inilah.com/Zainulmukhtar

INILAH, Garut- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut memastikan tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Garut 2013 tetap berjalan sesuai jadwal, meskipun Naskah Perjanjian Hibah (NPH) terkait pencairan anggaran Pilbup, dan naskah Memorandum of Understanding (MoU/kesepahaman) antara KPU, Pemkab Garut, dan DPRD Garut tentang tahapan Pilbup Garut 2013 urung ditandatangani Bupati Garut.

Hal itu terjadi menyusul lengsernya Aceng HM Fikri dari jabatan Bupati Garut, sebelum penandatanganan sempat dilakukan Aceng dalam kapasitasnya sebagai Bupati Garut.

"MoU sebenarnya tinggal ditandatangani, tapi Pak Aceng keburu lengser. Dia juga tak mungkin mau menandatangani NPH sekarang ini, kan ? Tapi tahapan Pilbup tidak akan terganggu. Tetap akan berjalan. Meskipun terpaksa kita harus menggalang dana talangan dari pihak lain," kata

Sekretaris KPU Kabupaten Garut, Ayi Dudi Supriadi, Minggu (3/3).
Kendati begitu, Ayi mengakui dalam batas tertentu, tahapan Pilbup akan terganggu. Pasalnya, KPU sendiri tidak mungkin menggalang dana talangan dalam jumlah besar untuk kegiatan yang memang membutuhkan biaya besar.

Karenanya, Ayi berharap masa transisi pemerintahan di Kabupaten Garut dengan posisi Wakil Bupati Garut Agus Hamdani sebagai Pelaksana Tugas Harian (PLTH) Bupati Garut segera berakhir, yakni dengan ditetapkannya PLTH Bupati Garut sebagai Bupati Garut definitif.

Senada mengenai kepastian tetap berjalannya tahapan demi tahapan Pilbup Garut yang sudah dimulai sejak Februari 2013 itu dikemukakan anggota KPU Kabupaten Garut, Dadang Sudrajat.

"Walaupun anggaran belum bisa dicairkan, tahapan Pilbup tetap berjalan sesuai jadwal. Apalagi Pilbup Garut ini kan sudah tercantum dalam RKB (Rencana Kebutuhan Biaya). Kalau sampai kegiatan tertunda, atau terpengaruh, yang repot kita sendiri. Ya, meskipun kita terpaksa galang dana dulu dari pihak lain," terang Dadang.

Dia mengungkapkan, sebagai bagian dari tahapan Pilbup yang akan dilaksanakan KPU pada Maret ini antara lain melakukan rekruitmen anggota panitia "ad hoc", seperti rekruitmen anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dan Petugas Pemungutan Suara (PPS). KPU juga akan menggelar "Launching Tahapan Pilbup Garut 2013 di 5 wilayah di Kabupaten Garut.

"Launching kita adakan di 5 wilayah untuk memperkenalkan kepada masyarakat bila tahapan Pilbup Garut sudah dimulai. Sehingga Pilbup 2013 ini bisa lebih semarak mendapatkan sambutan masyarakat," kata Dadang.
Dana APBD dialokasikan untuk KPU Garut menyelenggaraan Pilgub Garut 2013 sendiri sebesar Rp47 miliar. [ito]

Berita Terkait
Kembali ke atas