EKONOMI
twitter facebook
Rabu, 6 Maret 2013 | 05:42 WIB

Pemadaman Dominasi Keluhan Pelanggan PLN

Oleh: Ranto Rajagukguk
Pemadaman Dominasi Keluhan Pelanggan PLN
Inilah.com

INILAH.COM, Jakarta - PT PLN mendapat 15 ribu panggilan telepon setiap harinya dari pelanggan seluruh Indonesia. Mayoritas keluhan mengenai kondisi kelistrikan di tempat tinggalnya.

Menurut Manajer Niaga distribusi PLN Distribusi Jakarta Raya (PLN Disjaya), Dwi Kusnanto, hampir seluruh masalah bisa diselesaikan PLN. Meski hampir keseluruhan panggilan telepon itu merupakan keluhan. "Satu hari menerima 15 ribu incoming call. Di situ ada indikator secara success call rasio," ujarnya di Jakarta, Selasa (5/3/2013) kemarin.

Dwi menjelaskan, tahun ini PLN menargetkan dapat menyelesaikan 98% masalah yang ditemukan pelanggan. "Seberapa banyak yang diselesaikan. Keluhan itu harus 98 persen terselesaikan," ujarnya.

Dwi sendiri mengaku, saat ini pelanggan cenderung mengeluh karena cuaca buruk dan gangguan pemadaman tiba-tiba. Namun demikian, ada sejumlah pelanggan yang menelpon karena meminta informasi mengenai tarif listrik.

"Banyak keluhan karena gangguan, 70 persen karena gangguan. Selebihnya minta informasi pembelian setrum dan cara menghitung," ucapnya.

Dengan adanya call center di seluruh Indonesia, PLN Disjaya percaya kalau pelanggan bisa lebih cepat meminta bantuan. "Kita melihatnya call center hadir sebagai problem solving, jika keluhan semakin banyak tentunya kami harus mengevaluasi," katanya.

PLN Disjaya saat ini mempunyai program 345. Hal itu menunjang kinerja PLN untuk menyelesaikan masalah pelanggan. Dia mengkalim aksi penyelesaian masalah akan dicapai berkisar 45 menit dan paling lambat 3 jam.

"Itu tekad kami merespons keluhan yang masuk maksimal 45 menit. Kalau ketemu gangguannya apa, maka 3 jam maksimal telah terselesaikan. Gangguan normal. Bukan yang nature seperti banjir dan gangguan tidak terhindarkan," kata Dwi. [hid]

Berita Terkait
Kembali ke atas