INILAHKORAN.COM - LINTAS JABAR
twitter facebook
Kamis, 21 Maret 2013 | 07:45 WIB

Parpol Nonparlemen Bisa Usung Calon Bupati Garut

Oleh: Zainulmukhtar
Parpol Nonparlemen Bisa Usung Calon Bupati Garut

INILAH, Garut - Selain Partai Demokrat yang bisa mengusung sendiri pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Garut pada Pemilihan Bupati (Pilbup) Garut 2013, partai politik yang tak memiliki kursi di DPRD Kabupaten Garut atau nonparlemen, ternyata berpeluang mengusung calon sendiri.

"Asalkan mereka berkoalisi. Sebab,merujuk hasil perolehan suara pada Pileg (Pemilihan Legislatif) 2009 lalu, total hasil suara parpol nonparlemen itu lebih dari 15%. Sedangkan syarat minimal untuk bisa mengusung sendiri balon jika berpatokan pada hasil suara pileg itu cukup 15%," jelas anggota KPU Kabupaten Garut Dadang Sudrajat kepada INILAH, Rabu (20/3/2013).

Dadang menuturkan, untuk dapat mengusung sendiri pasangan calon, parpol di DPRD harus memperoleh sedikitnya 15% kursi atau setara 8 kursi. Dari 10 parpol yang ada di DPRD, kata dia, hanya Partai Demokrat yang dapat mengusung calon sendiri. Sedangkan parpol lainnya mau tidak mau harus berkoalisi.

Partai Demokrat memiliki 10 kursi. Selebihnya dari 50 kursi yang ada, dibagi 9 parpol, yakni Partai Golkar 7 kursi, PPP 7 kursi, PDI Perjuangan 6 kursi, PKS 5 kursi, PAN 5 kursi, Partai Hanura 4 kursi, PKB 3 kursi, PBB 2 kursi, dan Partai Gerindra 1 kursi.

Namun begitu, kata Dadang, bisa juga parpol di parlemen berkoalisi dengan parpol nonparlemen. Jika itu terjadi maka pengusungan pasangan bukan dihitung berdasarkan persentase jumlah kursi di DPRD, tapi berdasarkan hasil perolehan suara Pileg 2009 yang mencapai batas minimal 15%.

"Kalau parpol nonparlemen, jelas mutlak berkoalisi untuk mengusung satu pasangan calonnya, baik sesama parpol nonparlemen maupun dengan parpol di parlemen," tandasnya.

Sebanyak 20 partai nonparlemen di Kabupaten Garut pasca-Pileg 2009, saat ini telah sepakat berkoalisi dalam Forum Koalisi Partai Non-Parlemen (FKPNP). Namun hingga kini mereka belum menentukan sikap mengenai Pilbup Garut 2013.

"Untuk Pilbup, kita sudah sepakat berkoalisi. Namun belum sepakat apakah akan mengusung pasangan calon sendiri atau menerima lamaran dari luar. Memang beberapa balon dari luar sempat datang namun belum ada kejelasan," kata Ketua DPK PKPI Garut Egi Gustaman, salah satu anggota FKPNP. [den]

Berita Terkait
Kembali ke atas