INILAHKORAN.COM - PENDIDIKAN
twitter facebook
Kamis, 4 April 2013 | 09:00 WIB

SMK se-Jabar Ikuti Lomba Teknologi Industri

Oleh: Muhamad Syahrir Romdhon
SMK se-Jabar Ikuti Lomba Teknologi Industri

INILAH, Cirebon - SMKN 1 Kota Cirebon mendapat kesempatan sebagai tuan rumah Mata Lomba Kelompok Teknologi dan Industri Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK tingkat Jabar.

Kegiatan yang diikuti perwakilan SMK Se Jabar tersebut memperebutkan 24 lomba yang digelar mulai dari instalasi listrik (electrical installation), otomotif, teknik pendinginan, las, menggambar mesin, serta lomba-lomba lainnya.

Kepala SMKN 1 Kota Cirebon Sutadi mengungkapkan, dari 24 jenis mata lomba Kelompok Teknologi dan Industri, SMKN 1 Kota Cirebon melaksanakan sebanyak 17 mata lomba. Sedangkan tujuh mata lomba lainnya, diselenggarakan di Kabupaten Kuningan 1 mata lomba, Majalengka 2 mata lomba, serta 4 mata lomba di Tasikmalaya.

Sutadi menyampaikan, pada lomba LKS SMK Provinsi Jabar Tahun 2013 ini, kelompok lomba lainnya dilakukan di luar daerah Cirebon. Kelompok Bisnis Manajemen dan kelompok Kriya (kerajinan) itu dilaksanakan di SMKN 1 Kota Tasikmalaya. Kelompok pariwisata dan pertanian di Indramayu, dan Kelompok Matematika, Fisika Terapan, dan Kimia Industri di Purwakarta.

"Dengan lomba seperti ini, pihak sekolah dan seluruh peserta didik SMK akan termotivasi untuk senantiasa meningkatkan kualitas dan potensinya. Bahkan, melihat tujuan praktisnya, Lomba ini sebagai upaya mencari pemenang yang akan dilombakan di tingkat nasional dan internasional. Sedangkan pemenang dari 17 Mata Lomba tersebut akan diumumkan di hari penutupan, Jumat (5/4) mendatang," terang Sutadi, Rabu (3/4/2013).

Sutadi menuturkan, terpilihnya SMKN 1 Kota Cirebon sebagai tuan rumah Kelompok Teknologi dan Industri berdasarkan penilaian tim Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Ia hanya ingin memberikan pelayanan baik setelah terpilih menjadi tuan rumah.

Soal optimistis, dia meyakini seluruh siswa dan sekolah memiliki jiwa optimisme tinggi yang sama. Dari 17 mata lomba yang diselenggarakan di SMKN 1 Kota Cirebon, Mata Lomba Otomotif adalah lomba yang diikuti oleh seluruh SMK Kota dan Kabupaten di Jawa Barat. Sedangkan Mata Lomba Refrigerant alias mesin pendingin hanya diikuti tiga peserta, Kota Cirebon, Kota Cimahi, dan Kabupaten Subang.

Syahid (38), guru Electrical Installation SMKN 1 Balongan yang mengirim Erland, (18), kelas XII Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik, mengatakan bahwa perlombaan sangat diperlukan sebagai proses ujian praktik terhadap apa yang selama ini mereka pelajari di kelas. Lebih dari itu, lomba difungsikan sebagai ujian mental tiap peserta didik.[den]

Berita Terkait
(Guru Aceh Jaya dan Bener Meriah) Menimba Ilmu Pendidikan di Provinsi Jabar
Kembali ke atas