INILAHKORAN.COM - LINTAS JABAR
twitter facebook
Jumat, 19 April 2013 | 15:56 WIB

Honor PPS di Pileg Lebih Kecil Dibanding Pilkada

Oleh: Vera Suciati
Honor PPS di Pileg Lebih Kecil Dibanding Pilkada
antarafoto.com

INILAH, Sumedang - Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014 akan mendapatkan honor lebih kecil dibandingkan saat menjadi PPS di Pilkada Sumedang 2013.
Untuk Ketua PPS, KPU memberikan honor di tingkat desa adalah Rp500 ribu dan anggotanya Rp450 ribu. Begitu juga untuk PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan), KPU menggajinya Rp1,25 juta untuk ketua dan Rp1 juta untuk anggotanya. Pada pilkada, gaji untuk kedua penyelenggara ini lebih besar sekitar 20-30 persen.
"Honor penyelenggara pileg sekarang lebih kecil dibanding pilkada yang baru saja kita laksanakan. Tapi jangan khawatir, bukannya dikurangi melainkan ini kegiatan yang berbeda dengan pendanaan yang berbeda pula," kata Ketua KPU Sumedang, Asep Kurnia usai melantik PPS seluruh Kab Sumedang di GOR Tajimalela, Jumat (19/4/2013).
Berkurangnya gaji atau honor, lanjutnya, bukannya ada pengurangan biaya atau gaji untuk penyelenggara melainkan pileg dan pilkada adalah dua kegiatan yang berbeda. Selain itu, pada pilkada lalu, penyelenggara di Sumedang melakukan dua kegiatan secara bersamaan yaitu Pilkada Jawa Barat dan Pilkada Sumedang. Sehingga honor tersebut dianggarkan untuk dua kegiatan meski hanya ditambah 30 persen saja dari honor asli pilkada.
Asep juga mengatakan, disampaikannya jumlah gaji PPS dan PPK ini mengingat sebagian besar anggota PPS dan PPK Pileg adalah anggota PPS dan PPK pada pilkada lalu. KPU mengukuhkan kembali PPS PPK pilkada untuk menjadi PPS PPK pileg sesuai surat edaran KPU pusat jika anggota penyelenggara tersebut bersedia kembali dan masih memenuhi syarat.
Pertengahan April ini, KPU sudah menyelesaikan satu kegiatan dari empat kegiatan yang mesti dilakukan dengan segera yaitu pelantikan penyelenggara. Sementara pencalonan masih dilakukan hingga 22 April 2013. Dua kegiatan lainnya, pembentukan dapil dan Pelantikan PPS dan PPK, pelaksanaan PAW masih belum dilaksanakan.
Pada acara pelantikan ini, hadir seluruh unsur muspida dan PPK semua kecamatan. Pelantikan dilakukan Ketua KPU Sumedang Asep Kurnia dengan mengucapkan sumpah jabatan anggota PPS yang diucap ulang oleh 846 anggota PPS seluruh Sumedang.[ang]
Berita Terkait
Kembali ke atas