INILAHKORAN.COM - LINGKAR BANDUNG
twitter facebook
Selasa, 23 April 2013 | 16:22 WIB

Eswan Siapkan Konsep Pembangunan Lingkungan

Oleh: dery fitriadi ginanjar
Eswan Siapkan Konsep Pembangunan Lingkungan
inilah.com/Dicky Zulfikar Nawazaki

INILAH.COM, Bandung –Bakal Calon Wali Kota Bandung Edi Siswadi menyatakan konsep pembangunan dan penataan Kota Bandung di masa mendatang harus tetap memperhatikan aspek sosial dan lingkungan sekitar.

"Seiring perkembangan Kota Bandung, penataan ruang dan kota ke depan tidak bisa lagi mengabaikan aspek kemanusiaan dan lingkungan sekitarnya," jelas Edi usai Dialog Publik Persoalan Lingkungan Kota Bandung, di sekretariat Bandung Green Institute (BGI) Jalan Sadangserang Kota Bandung, Selasa (23/4/2013).

Menurut Edi, kondisi saat ini perubahan fungsi ruang yang semakin pesat turut berkontribusi pada perubahan perilaku sosial warga kota. Satu diantaranya, pembangunan pusat perbelanjaan dan pusat keramaian lainnya turut memicu tumbuh kembangnya pekerja sektor informal seperti PKL.

"Laju pertumbuhan investasi di sector perdagangan dan industri yang menekan ruang kota pun pada akhirnya menjadi persoalan serius yang harus dicarikan solusinya," ucapnya.

Dengan kondisi itu, kata Edi, tidak mengherankan jika kondisi kota secara umum menjadi sedikit tidak tertata dengan rapih sehingga aspek kenyamanan menjadi luntur. Laju pertumbuhan penduduk alami maupun urban yang semakin tinggi setiap tahunnya, termasuk persoalan lain terhadap penataan lingkungan.

Saat ini, lanjut Edi, kota Bandung sudah menjadi destinasi utama baik para wisatawan maupun investor. Jika kondisi ini tidak dikelola secara optimal, maka sumber-sumber yang seharusnya menjadi sektor pendapatan baik untuk pemerintah maupun peningkatan taraf ekonomi warga, boleh jadi akan ditinggalkan.

"Nah ini sebuah potensi yang besar, kalau tidak dikelola, kedepan Bandung akan ditinggalkan. Dalam situasi tertentu, kondisi tersebut kalau dibiarkan akan berdampak pada hilangnya rasa memiliki warga terhadap kotanya," tandasnya. [ing]

Berita Terkait
Kembali ke atas