METROPOLITAN
twitter facebook
Rabu, 24 April 2013 | 14:06 WIB

Ratusan Siswa SD Lomba Polisi Cilik di Polda Metro

Oleh: Ahmad Farhan Faris
Ratusan Siswa SD Lomba Polisi Cilik di Polda Metro
(Foto : istimewa)

INILAH.COM, Jakarta - Ratusan siswa sekolah dasar (SD) memenuhi lapangan lalu lintas Polda Metro Jaya untuk mengikuti perlombaan baris berbaris dalam rangka merealisasi program polisi cilik.

Kegiatan ini diikuti siswa SD yang ada di wilayah hukum polda setempat. Salah satunya didikan Ajun Komisaris Tina, anggota (Dikyasa) Polres Tangerang Kota. Tina membawa puluhan siswa yang terbagi dari siswa kelas tiga dan kelas 6 SD.

"Dari 22 sekolah yang kami bina di Tangerang, kini tampil langsung sebanyak 31 siswa. Sebelumnya ini diseleksi dari 680 siswa yang minat ikut program polisi cilik," ujarnya di Mapolda Metro Jaya, Rabu (24/4/2013).

Dia menjelaskan, seleksi yang dilakukan anggota kepolisian di antaranya melihat dari sisi postur tubuh siswa yang ingin mengikuti polisi cilik tersebut. Selain itu, dari sikap dan posisi kaki serta tangannya juga menjadi penilaian panitia perekrutan.

Tina menuturkan, para polisi cilik ini terus dibina dan mempertahankan pengalaman serta dapat mengaplikasikan ilmunya ke lingkungan sekolah maupun rumahnya.

"Mereka saat ini sudah terlihat menjadi danton (komandan peleton) ketika upacara di sekolahnya, mereka ditunjuk," ujarnya.

Di samping itu, Tina menjelaskan latihan untuk mengikuti lomba ini selama 40 hari di Lapangan Ahmad Yani, Kota Tangerang. Latihan dilakukan bersama lima orang anggota Dikyasa Polres metro Tangerang Kota setiap hari selepas para siswa selesai belajar, sekitar pukul 14.00 WIB.

"Latihannya PBB, atur lalu lintas, dan tarian seperti koreografi yang ditampilkan di lomba ini," tambahnya. [yeh]

Berita Terkait
(Dilaporkan Roy Suryo) Ahok: Emang Ini Sinetron!
Kembali ke atas