INILAHKORAN.COM - PENDIDIKAN
twitter facebook
Senin, 13 Mei 2013 | 18:52 WIB

Pendaftaran SBMPTN 2013 Resmi Dibuka

Oleh: Jaka Permana
Pendaftaran SBMPTN 2013 Resmi Dibuka
ilustrasi

INILAH.COM, Bandung - Senin (13/5/2013), Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013 resmi dibuka. Seluruh siswa SMA/MA/SMK/MAK atau yang sederajat lulusan tahun 2011, 2012, dan 2013 bisa mulai mendaftar.

Berdasarkan rilis yang diterima INILAH, pendaftaran hanya bisa dilakukan secara online dengan mengakses situs www.ujian.sbmptn.or.id. Sebelum melakukan pendaftaran online, hal pertama yang wajib dilakukan calon peserta SBMPTN 2013 adalah mengunduh Buku Panduan Pendaftaran Peserta SBMPTN 2013 dan Panduan Informasi, melalui laman www.sbmptn.or.Id.

Untuk pelaksanaan pembayaran SBMPTN 2013, dapat dilakukan di Bank Mandiri melalui Kantor cabang/teller. Bank Mandiri juga membuka pembayaran SBMPTN melalui internet banking, ATM, dan SMS banking.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, pada tahun ini Bank Mandiri menyediakan Formulir Pembayaran Biaya SBMPTN yang merupakan formulir khusus bagi para calon peserta yang ingin melakukan pembayaran biaya SBMPTN. Sedangkan alternatif pembayaran SBMPTN jika tidak ada akses Bank Mandiri yaitu melalui Kantor Pos terdekat dan Kliring/RTGS, atau ATM Bank lain berlogo ATM Bersama serta Link & Prima.

Informasi lebih lanjut terkait tata cara pembayaran SBMPTN 2013 dapat dilihat melalui laman www.sbmptn.or.id dengan memilih menu Tata Cara Pembayaran.

Untuk Biaya Kelompok Ujian SBMPTN 2013, setiap calon peserta dikenakan biaya pembayaran ujian sebesar Rp175.000 untuk Kelompok Ujian Saintek dan Soshum, sedangkan untuk Kelompok Ujian Campuran dikenakan biaya Rp200.000. Pada Kelompok Ujian Saintek, Soshum dan Campuran setiap peserta diberi kesempatan untuk memilih tiga program studi. Bagi calon peserta yang memilih program studi yang mensyaratkan adanya Ujian Keterampilan, maka peserta diwajibkan untuk membayar biaya Ujian Keterampilan sebesar Rp150.000 per mata Ujian Keterampilan.

Panitia Lokal Bandung SBMPTN 2013 membuka layanan informasi dan menyediakan brosur terkait SBMPTN di Kampus ITB, Jalan Ganeca No. 10 Bandung, Gedung Rotunda (Information Centre) setiap hari kerja (Senin-Jumat) mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.00 WIB. Panitia Lokal Bandung SBMPTN 2013 juga membuka layanan bantuan/helpdesk pengisian pendaftaran online bagi calon peserta dengan membawa struk/formulir pembayaran dari Bank Mandiri yang di dalamnya tertera KAP dan PIN, serta membawa softcopy foto dengan pose resmi (seperti untuk keperluan dokumen resmi, KTP, ijazah, rapor, dll).[ang]

Berita Terkait
Kembali ke atas