INILAHKORAN.COM - PENDIDIKAN
twitter facebook
Sabtu, 8 Juni 2013 | 23:21 WIB

Inilah Tahapan Penerimaan Siswa Baru Karawang

Oleh:
Inilah Tahapan Penerimaan Siswa Baru Karawang

INILAH.COM, Karawang – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karawang, membagi seleksi penerimaan siswa baru atau penerimaan peserta didik baru melalui empat tahap, yang akan dimulai pada 13 Juni 2013.

Empat tahap seleksi penerimaan siswa baru di Karawang itu ialah seleksi bakat prestasi, seleksi pendaftar dari luar daerah Karawang, seleksi bina lingkungan serta seleksi untuk umum.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Karawang Agus Supriatman, Sabtu, mengatakan, untuk seleksi bakat prestasi hanya berlaku bagi siswa berprestasi yang akan melanjutkan sekolah ke tingkat SMA sederajat.

Pada tahap ini hanya mereka yang berprestasi (prestasi bidang olahraga, seni dan lain-lain) yang dibolehkan mendaftar. Tahap seleksinya digelar pada 13-15 Juni 2013.

Begitu juga untuk tahapan seleksi calon siswa dari luar Karawang, dilaksanakan pada 13-15 Juni. Pada tahapan ini, hanya calon siswa yang berasal dari luar Karawang yang dibolehkan mendaftar.

Sedangkan pada tahapan seleksi bina lingkungan, yang dibolehkan mendaftar hanya bagi calon siswa yang tempat tinggalnya berada di sekitar sekolah. Penerimaan dalam tahap ini dijadwalkan pada 17-21 Juni 2013. Sementara seleksi untuk umum proses peneriaannya dilaksanakan tanggal 24-28 Juni 2013.

Data Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Karawang menyebutkan, untuk kuota calon siswa dari tahapan bakat prestasi dan tahapan seleksi luar kabupaten masing-masing hanya 5 persen.

Selanjutnya pada seleksi bina lingkungan dan seleksi umum kuotanya masing-masing 45 persen.

Menurut Agus, proses penerimaan siswa baru tahun ini dilakukan secara online, agar lebih transparan dan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya berbagai kecurangan.

"Kita menginginkan peserta didik di Karawang benar-benar berkualitas, jadi kita benahi sistemnya, salah satunya dengan memperbaiki sistem PPDB dengan menggunakan sistem online," katanya.

Untuk proses pendaftarannya dilakukan secara online melalui perseorangan atau panitia di sekolah, yakni dengan membuka website www.ppdbkarawang.com. [ing]

Berita Terkait
Kembali ke atas