INILAHKORAN.COM - LINTAS JABAR
twitter facebook
Kamis, 1 Agustus 2013 | 12:36 WIB

One Way Juga Berlaku di Bundaran Dano-Cimalaka

Oleh: Vera Suciati
One Way Juga Berlaku di Bundaran Dano-Cimalaka
inilah.com/Vera Suciati

INILAH.COM, Sumedang - One way atau rekayasa lalu lintas yang menerapkan sistem jalan satu arah sudah akan diterapkan di Tanjungsari sebagai solusi kemacetan di lokasi ini saat mudik nanti.

Namun ternyata, tidak hanya di lokasi ini saja rencana one way berlangusng. Polres Sumedang juga akan menyiapkannya di Sumedang kota menuju arah Cimalaka.

"Jadi saat mudik nanti, one way juga akan dicoba diterapkan mulai dari Bundaran Dano sampai ke Cimalaka, jaraknya sekitar 4 km," kata Kapolres Sumedang AKBP Eka Satria, Kamis (1/8/2013).

Saat ini, lalu lintas dari Bundaran Dano-Cimalaka ini sering macet akibat jalan rusak di sekitar daerah Serang. Normalnya, waktu tempuh hanya 20-30 menit saja. Namun dalam beberapa bulan ini waktu tempuh bisa mencapai 1-1,5 jam.

Dari Cimalaka menuju arah timur, yaitu ke Jalan Raya Cibeureum, Raya Paseh, dan Raya Tomo, kemacetan masih terjadi terutama jika ada kendaraan berat. Kendaraan bertonase besar ini berjalan lambat karena takut terguling akibat jalan berlubang besar.

Akibatnya, antrean kendaraan pun tak terhindarkan hingga ke daerah Sumedang kota. Namun saat musim mudik, di jalur ini pun dipastikan terjadi antrean kendaraan, mulai dari padat lancar, padat merayap, atau macet total.

Eka menjelaskan, one way di jalur ini lebih mempunyai kendala daripada Tanjungsari. Banyaknya persimpangan jalan atau jalan-jalan alternatif di kanan kiri jalan lebih menyulitkan pengaturan one way.

"One way di jalur ini akan lebih sulit karena banyak persimpangan jalan jadi akan ada banyak kendaraan yang dihentikan dulu ketika one way sedang dilakukan. Artinya, sweeping akan lebih lama dan rumit, tapi bisa dilakukan kok, jadi nanti nggak makan waktu lama lagi untuk sampai ke Cimalaka," kata Eka.

Penerapan sistem one way di jalur ini sebagai salah satu upaya Polres Sumedang melancarkan arus mudik dan arus balik nanti. Sebelumnya, Polres Sumedang mendapat tugas dari Polda agar melancarkan lalu lintas di jalur tengah mudik dengan waktu tempuh tak lebih dari lima jam yaitu mulai dari Cileunyi hingga Cirebon.

"Mudah-mudahan dengan rencana sistem one way di dua jalur atau ruas jalan ini bisa membantu merealisasikan instruksi polda yaitu hanya 5 jam saja waktu tempuh dari Cileunyi ke Cirebon, 3 jam di antaranya dilewati di wilayah Sumedang mulai dari Jatinangor sampai Tomo," jelas Eka. [gin]

Berita Terkait
Kembali ke atas