TEKNOLOGI
twitter facebook
Sabtu, 28 September 2013 | 15:01 WIB
Liputan IIMS 2013

Calon Konsumen Sudah Bisa Inden Karimun Wagon R

Oleh: ikhsan nathabradja
Calon Konsumen Sudah Bisa Inden Karimun Wagon R
(inilah.com)

INILAH.COM, Jakarta - Meski baru saja memperkenalkan Karimun Wagon R di gelaran IIMS 2013, Suzuki sudah memberikan kesempatan bagi konsumen yang berminat untuk melakukan inden terhadap calon mobil murah (LCGC) mereka itu.

4W Sales Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Endro Nugroho menjelaskan bahwa pada dasarnya Karimun Wagon R belum resmi diluncurkan. Mobil murah dari Suzuki ini baru dipamerkan di ajang IIMS tahun ini.

“Perlu dicatat, kami baru saja memamerkan mobil ini dan belum secara resmi diluncurkan. Saat ini Suzuki sedang disurvei oleh pemerintah terkait kesiapan untuk ikut program LCGC. Jika izin resminya sudah keluar, kami akan langsung kirim ke para pemesan, dan saya rasa akhir tahun ini pun sudah bisa,” ujar Endro di booth Suzuki yang berlokasi di Hall A3 arena IIMS 2013 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Mengenai harga dari Karimun Wagon R, Suzuki akan menjualnya sesuai dengan peraturan pemerintah mengenai mobil murah atau LCGC, rencananya dengan banderol harga di bawah Rp 95 juta. Menurut Endro, hal tersebut pun sudah disampaikan kepada mantan presiden RI Jusuf Kalla yang berkunjung ke booth Suzuki di IIMS 2013 beberapa hari lalu.

“Karena belum diluncurkan secara resmi, kami belum berani kasih tahu harga pastinya dan kapan tepatnya mobil ini bisa dikirim ke para pemesannya. Tapi konsumen sudah percaya, dan sudah banyak yang melakukan inden dan memberikan uang tanda jadi minimal Rp1 juta dan itu datang dari seluruh Indonesia,” tambah Endro.

Suzuki mempersenjatai Karimun Wagon R dengan mesin K10B berkapasitas 1.000cc yang disebut mampu menghasilkan tenaga 68 PS dengan torsi maksimum 90 Nm pada putaran mesin 3.500 rpm. Mobil ini diklaim mampu menempuh jarak hingga 20,5 km per satu liter bensinnya.

Karimun Wagon R memiliki tampilan dinamis dengan gril yang kuat dan headlamp besar. LCGC besutan Suzuki ini juga memiliki sudut-sudut yang tegas, kursi baris kedua agak tinggi, lantai kabin relatif rendah, ruang bagasi pintu lebar dan dapat diperluas dengan melipat kursi belakang.

Suzuki menggunakan logo burung Garuda yang sedang mengepakkan sayap di bagian depan Karimun Wagon R. Logo dan nama Karimun digunakan karena salah satu persyaratan regulasi mobil-mobil LCGC harus diberi nama serta logo berunsur Indonesia.

Berita Terkait
Kembali ke atas