NASIONAL
twitter facebook
Minggu, 1 Desember 2013 | 20:30 WIB

Muhaimin Buka Gerakan Penanggulangan Pengangguran

Oleh:
Muhaimin Buka Gerakan Penanggulangan Pengangguran
Menakertrans Muhaimin Iskandar membuka - (Foto : inilah.com/Agus Priatna)

INILAH.COM, Jakarta - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar membuka secara resmi Gerakan Penanggulangan Pengangguran Nasional Tahun 2013 dan Pencanangan Gerakan Perempuan Mandiri di Negeri Sendiri di Sidoarjo, Jawa Timur pada Sabtu (30/11).

“Kegiatan ini diselenggarakan untuk menggugah seluruh komponen masyarakat agar bersinergi dan berintegrasi menciptakan kesempatan kerja dan kesempatan berusaha bagi para penganggur maupun pencari kerja khususnya perempuan, Kata Menakertrans Muhaimin Iskandar dalam keterangan pers di Jakarta pada Sabtu (30/11).

Turut hadir dalam kesempatan ini Wakil Gubermur Jawa timur Syaifullah Yusuf dan Bupati Sidoarjo Saiful Illah, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang diwakili SesMen Sri Danti Anwar dan Menteri Koperasi dan UKM yang diwakili Deputi Bidang Produksi Bramansetyo

Kegiatan Pelaksanaan GPP 2013 dengan tema "Perempuan Mandiri di Negeri Sendiri" diisi dengan beberapa kegiatan meliputi Launching dan Pelantikan pengurus pusat Asosiasi Pemandu Wirausaha Indonesia (APWI) dan Pemberian Bantuan Program kepada Lembaga Masyarakat.

Selain itu, diadakan juga pameran Expo yang diisi dengan jumlah 70 stand dan diikuti oleh 565 orang pelaku usaha kecil dan menengah, pengrajin serta perintis ekonomi dimana pelaku utamanya adalah perempuan yang berasal dari binaan Kemnakertrans, Organisasi Masyarakat dan sektor terkait serta Seminar wirausha yang diikuti 100 (seratus) Peserta berasal dari Perguruan Tinggi, Praktisi, Instansi terkait & Organisasi Masyarakat.

Muhaimin mengatakan salah satu upaya Kementerian Kerja Tenaga dan Transmigrasi adalah melaksanakan Gerakan Penanggulangan Pengangguran (GPP) yang merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat untuk menciptakan kesempatan kerja, menanggulangi pengangguran dan kemiskinan serta penciptaan lapangan kerja (job creation)

Pelaksanaan program Aksi GPP ini , kata Muhaimin digelar berbagai daerah di seluruh wilayah Indonesia. Program Aksi GPP ini diantaranya meliputi kegiatan padat karya infrastruktur dan produktif, pemberdayaan masyarakat mandiri, penerapan teknologi tepat guna, kewirausahaan, pendayagunaan tenaga kerja pemuda mandiri profesional dan pendampingan serta jobfair, subsidi program pelatihan keterampilan, desa produktif dll.

“Agar efektif, program aksi pemberdayaan masyarakat untuk menciptakan kesempatan kerja yang lebih luas ini dipadukan dengan pelaksanaan program-program di bidang pelatihan kerja dan produktivitas. Sehingga para pengangguran dan pencari kerja yang sudah dilatih bisa segera mendapatkan pekerjaan,” kata Muhaimin.

Menakertrans Muhaimin Iskandar menambahkan selama ini pemerintah telah memberikan perhatian khusus bagi kaum perempuan yang mampu membangkitkan semangat kemandirian ekonomi di negeri sendiri dengan menjadi perintis wirausaha dan usaha kecil menengah.

“Pemerintah terus mendorong perkembangan wirausaha yang dikelola kaum perempuankarena mempunyai nilai strategis dalam mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memperluas lapangan dan kesempatan kerja baru serta menopang perekonomian negara,” kata Muhaimin.

Dukungan bagi pengembangan sektor kewirausahaan bagi kaum perempuan dilakukan mengingat sekitar 60% pelaku usaha kecil menengah adalah perempuan. Muhaimin mengatakan perkembangan wirausaha produktif di Indonesia diyakini mampu mengurangi angka pengangguran dan memperbanyak kesempatan kerja. Apalagi kesempatan kerja dengan berwirausaha di berbagai bidang ini dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh semua lulusan jenjang pendidikan mulai dari SD sampai lulusan universitas/perguruan tinggi.

Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi menargetkan keberhasilan penciptaan wirausaha sukses sebanyak 10.000 orang yang bergerak di berbagai jenis bidang usaha dalam setiap tahunnya.

Untuk mendukung program pendampingan wirausaha ini, dikerahkan sebanyak 3.132 orang instruktur yang bekerja di balai-balai latihan kerja (BLK). Mereka bertugas mendidik dan mendampingi para calon wirausaha mandiri yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia

Muhaimin mengatakan, program unggulan yang dikembangkan dalam pembinaan kewirausahaan meliputi pelatihan usaha mandiri pelatihan teknis dan manajerial tenaga kerja, padat karya produktif, pemagangan, teknologi tepat guna dan pendampingan serta pelatihan lainnya yang disesuaikan dengan minat, bakat, dan potensi masyarakat.

Dalam rangka meningkatkan penyerapan pengangguran dan penciptaan lapangan kerja, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan lima pilar aksi penciptaan kesempatan kerja yang diimplementasikan pada tahun ini melalui program penciptaan kesempatan kerja satu juta.

Pemerintah menetapkan 5 pilar strategi yaitu Informasi dan Layanan Ketenagakerjaan, Peningkatan Keterampilan dan Kapasitas Angkatan Kerja, Pengembangan UMKM dan kewirausahaan, Program Padat Karya dan Infrastruktur serta Program Darurat Penciptaan Lapangan Kerja.

Pemerintah terus berupaya untuk membuka lapangan pekerjaan baru baik di bidang formal maupun informal. Salah satu solusi untuk menekan angka pengangguran adalah dengan menggelar Gerakan Penanggulangan Pengangguran (GPP) di seluruh Indonesia, Kata Muhaimin

Muhaimin mengatakan, pemerintah memprioritaskan penciptaan lapangan pekerjaan baik formal maupun informal serta upaya penciptaan lapangan kerja (Job Creation) yang dipadukan dengan program aksi pemberdayaan masyarakat untuk menciptakan kesempatan kerja yang lebih luas. [adv]

Berita Terkait
(Berhak Biaya Pengobatan 20 Juta/Tahun) Pekerja HIV-Aid Tetap Peroleh Jaminan Kesehatan
Kembali ke atas