TEKNOLOGI
twitter facebook
Minggu, 28 Desember 2008 | 12:35 WIB

Konsumsi BBM All New City 13,5 km/Lt

Oleh: Tom Mosley
Konsumsi BBM All New City 13,5 km/Lt
inilah.com/Wirasatria
INILAH.COM, Jakarta - PT Honda Prospect Motor (HPM), menjelang tutup tahun 2008 mengundang sejumlah wartawan otomotif untuk menjajal All New Honda City yang baru saja diluncurkan awal November lalu.

Menurut Marketing & After Sales Service Director Jonfis Fandi test drive dilakukan untuk menujukkan konsumsi bahan bakar yang sebenar-benarnya All New City. "Gaya berkendara para wartawan bisa merefleksikan gaya mengemudi rata-rata pengendara di Jakarta. Jadi, saya yakin nilai konsumsi yang dicatat para wartawan adalah angka terbaik yang bisa dipertanggungjawabkan," ujarnya usai acara bertajuk 'Advancetour All New City' di Jakarta, belum lama ini.
Mengambil start di halaman kantor pusat HPM di Sunter, Jakarta Utara, kegiatan ini dibuka Presiden Direktur HPM Yukihiro Aoshima. "All New City adalah sedan terbaik di kelasnya. Untuk membuktikannya, kami memberi kesempatan kepada Anda (wartawan) mencoba seluruh keunggulan small city car ini, termasuk menikmati seratus fitur yang dimiliki sedan revolusioner ini," katanya sebelum mengibarkan bendera start.
Test drive dibagi per kelompok, masing-masing All New City diisi dua wartawan dengan menempuh rute sejauh 160 km dari Jakarta menuju Bogor dan finish di kawasan Water Bom Pantai Indah Kapuk, Jakarta.
Keluar dari markas Honda di Sunter, mobil langsung diarahkan ke jalan tol menuju arah Grogol. Tak satu pun mobil peserta dikemudikan dengan tujuan menghemat bahan bakar, misalnya dengan menjaga agar kecepatan mobil tetap konstan. Malah sebaliknya, hampir semua peserta berkendara dengan gaya agresif bahkan sedikit ugal-ugalan, selap-selip di antara kepadatan lalu lintas yang terkenal macet itu.
Bermodal tenaga maksimum 120 hp mobil rakitan Thailand ini begitu piawai bermain pada putaran mesin bawah dan atas. Terutama saat paddle shift yang mirip transmisi F1 di balik kemudi All New City diaktifkan.
Dengan perpindahan gear bergaya manual itu, torsi All New City dengan volume 145 Nm terasa lebih agresif. Menyalip di tengah kepadatan lalu lintas di tol Jagorawi terasa menyenangkan, terlebih lagi iring-iringan small car andalan HPM ini saling kejar-kejaran sehingga membuat pengemudi lain terpaksa harus mengalah.
Kemampuan ini semakin lengkap karena dibarengi gerakan kemudi All New City yang akurat dan ringan, namun tetap 'berisi'. Di samping itu, ground clearance yang rendah ditambah bodi melancip yang aerodinamis, All New City tidak memberikan efek limbung yang menghkawatirkan tatkala bermanuver.
Saat uji coba kecepatan All New City bisa mencapai 180 km/jam. Tentu saja, kecepatan itu masih bisa dikembangkan jika kondisi lalu lintas memungkinkan. Namun, kecepatan paling ideal All New City, paling nyaman dan aman di sekitar 100 km per jam. Meski dengan dukungan fitur ABS (Antilock Braking System), EBD (Electronic Brake force Distribution), dan BA (Brake Assist), plus uji tabrak (crash test) menyeluruh di Real World Crash Test Facility Honda di Tochigi Jepang, nobil ini terbilang aman.
Meski gaya mengemudi agresif yang dilakukan hampir semua peserta test drive, All New City hanya menghabiskan bahan bakar rata-rata 13,5 km/liter hingga 15, 5 liter dengan rute sepanjang sekitar 160 km.
All New Honda City i-VTEC dipasarkan dengan harga Rp.239 juta untuk transmisi manual dan Rp. 252 juta untuk transmisi otomatis. Sedangkan All New Honda City with Reclining Seat dipasarkan dengan harga Rp. 247 juta untuk transmisi manual dan Rp. 260 juta untuk transmisi otomatis (harga on the road Jakarta).
Menag! Banyak yang menilai harga All New Honda City terlalu mahal, namun sebanding dengan fasilitas yang dimiliki sebagai kendaraan yang efisien, performa tinggi, dan ramah lingkungan. Tertarik?
Berita Terkait
Kembali ke atas