DUNIA

Jumat, 12 Januari 2018 | 19:04 WIB

Presiden Trump Hina Haiti dan Afrika

Presiden Trump Hina Haiti dan Afrika
Presiden Donald Trump (Foto: istimewa)
INILAHCOM, Washington -- Presiden AS Donald Trump membuat kaget para anggota Kongres dalam sebuah pertemuan di Gedung Putih seputar imigrasi, Kamis (11/1), atau Jumat (12/1) WIB. Dia menyebut Haiti dan negara-negara Afrika sebagai negara yang kotor dan miskin.

"Mengapa orang-orang dari negara-negara kotor dan miskin ini datang ke sini?" demikian pertanyaan yang diajukan Trump sebagaimana dilaporkan Washington Post dan CNN.

Trump mengatakan, AS seharusnya memberi kesempatan lebih banyak kepada orang-orang dari Norwegia, yang perdana menterinya baru saja bertemu dengan Trump di Gedung Putih pada Rabu (10/1).


Dalam tanggapan kepada media, Gedung Putih mengatakan Presiden Trump hanya akan menerima sebuah RUU imigrasi yang "menanggapi secara tegas sistem visa lotere dan migrasi berantai".

"Dua program ini yang merugikan ekonomi kita dan menyebabkan teroris masuk ke dalam negara kita," kata Trump, seperti dikutip dari VOA, Jumat (12/1).

Migrasi berantai adalah ungkapan yang dipergunakan oleh pengecam imigrasi dan mengacu kepada sistem yang memungkinkan para kerabat mensponsori anggota keluarga datang ke Amerika.

Gedung Putih tidak memberi konfirmasi atau bantahan apakah presiden menggunakan bahasa yang kasar itu saat bicara tentang Haiti dan Afrika. [voa/lat]
#trump #hina #haiti
BERITA TERKAIT
Korsel Gembira Temu Trump-Kim Tetap Diadakan
(Pertemuan dengan Kim Jong-un) Trump Tuduh Partai Demokrat Ingin Pertemuan Gagal
Tiga Perintah Eksekutif Trump soal Pegawai Negeri
Trump Respon Positif Korut Soal Pembatalan KTT
Trump Batalkan Pertemuan dengan Kim Jong-un
KTT Trump-Kim Tetap Dijadwalkan 12 Juni
Trump: Pertemuan dengan Kim Mungkin Batal

ke atas