TEKNOLOGI

Sabtu, 13 Januari 2018 | 11:11 WIB

Yamaha Perkenalkan Motor Robot Canggih di CES 2018

Yamaha Perkenalkan Motor Robot Canggih di CES 2018
(ist)
INILAHCOM, Las Vegas - Yamaha memperkenalkan prototipe motor robot tanpa pengendara bertenaga listrik yang dinamai MOTOROiD yang bisa berinteraksi dengan manusia dalam ajang CES 2018 di Las Vegas, AS.

Menggunakan lambaian tangan, pimpinan proyek Yamaha Motor Innovation Center Kinji Asamura, memanggil motor tanpa pengendara itu ke hadapan pengunjung CES 2018.

MOTOROiD kemudian berdiri dalam posisi seimbang dan tidak bergerak dari posisinya kendati Asamura mencoba mendorongnya.

Motor menyerupai robot yang cocok ditampilkan pada film laga futuristik itu melewati produksi model Yamaha Super-Bike yang mampu melaju hingga 200 kilometer per jam di sebuah trek uji.

"Sepeda motor adalah masa lalu, dan Motoroid adalah masa depan," kata juru bicara Yamaha John Boreland kepada AFP.


"Tujuannya adalah melihat pelajaran apa yang bisa dipelajari untuk menghubungkan mesin dengan manusia secara lebih efektif," imbuhnya.



Sebelumnya, Yamaha telah memiliki motor robot Motobot yang mampu melaju kencang namun hanya mengandalkan rute perjalanan yang sudah diprogramkan.

Pelajaran yang didapatkan Yamaha dari model penelitian itu menemukan bahwa 'manusia bereaksi jauh lebih cepat', menurut Boreland,

Bermesin listrik, MOTOROiD memiliki fitur otonom antara lain mampu menjaga keseimbangan dengan sendirinya, mengenali pengendara, dan bisa dipanggil menggunakan gelombang.

"Sayap di bagian belakang tempat duduk MOTOROiD dirancang dengan bantuan psikolog untuk memijat punggung pengendara guna memberikan ketenangan dan meredam emosi, guna menghindari potensi bahaya saat pengendara melaju dalam kecepatan tinggi," ucap Boreland seraya menambahkan bahwa motor robot itu tidak dijual di pasaran.
#Yamaha #motor #robot #Motoroid
BERITA TERKAIT
Xiaomi Rilis Produk Robot Mainan Rakitan
Melihat Taman 'Rumput Bunga Sakura'
Juggling 15 Buah Bola Sekaligus Mustahil?
Berenang Bersama Hiu Manta Ray Raksasa
Kisah di Balik Logo 'I Love New York' yang Ikonik
(TELKOMSEL SIAGA 2018) Telkomsel Berikan Hadiah Miliaran Rupiah
Parodi Pemberontakan Robot Versi Robot ATLAS

ke atas