EKONOMI

Jumat, 10 Agustus 2018 | 12:30 WIB

Masalah Kehutanan Tapak, LHK Berharap Peran KPH

Indra Hendriana
Masalah Kehutanan Tapak, LHK Berharap Peran KPH
Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan pada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Sigit Hardwinarto
INILAHCOM, Jakarta - Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan pada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Sigit Hardwinarto berharap, Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) berperan aktif dalam mengatasi masalah kehutanan di tingkat Tapak.

Kami yakin, bahwa KPH yang kuat, mampu menjawab tantangan dan hambatan dalam mengoperasionalkan program pemerintah secara lebih sistematis dan strategis untuk mewujudkan pengelolaan hutan dan masyarakat yang lebih baik, kata Sigit dalam acara penutupan Rakornas KPH di kantornya, Jakarta, Kamis (9/8/2018).

Kemudian, pihaknya mendorong perwujudan pengelolaan hutan berkelanjutan. Selain itu KPH juga diminta melakukan pembangunan daerah, peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pengelolaan hutan.


Semua itu, kata dia, sudah dibahas dalam Rakornas KPH tahun 2018, antara Kementerian lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), BAPPENAS dan Kepala KPH di Seluruh Indonesia, dengan mengedepankan upaya-upaya mengatasi permasalahan kehutanan dan lingkungan.

Dia merinci, permasalahan yang dibahas dalam Rakornas itu antara lain, Pembangunan sumberdaya hutan dalam kerangka RPJM Nasional; Penguatan KPH dan Sumberdaya Manusia KPH paska penerapan Undang-undang 23 tahun 2015; Perencanaan KPH dan alokasi lahan untuk penyelesaian konflik dan akses pengelolaan oleh masyarakat

Kemudian, perhutanan Sosial dan Pengelolaan Hutan oleh KPH, masyarakat dan para pihak serta kemitraan di wilayah KPH; Penerapan IPTEK dan inovasi kehutanan di KPH; dan Pengendalian kebakaran hutan dan lahan serat penegakan hukum kehutanan dan lingkungan di wilayah KPH.

Sebagai catatan seluruh Kawasan Hutan telah terbagi habis dalam 679 Unit Wilayah KPH (KPHK, KPHL, dan KPHP) dan dikelola oleh 385 Lembaga. Rinciannya, sebanyak 147 Unit Wilayah KPHK yang ditangani oleh 64 lembaga KPHK sebagai Organisasi Pusat, dan 532 Unit Wilayah KPHL/KPHP yang ditangani oleh 321 Lembaga KPHL/KPHP sebagai Organisasi Daerah. [ipe]
#LHK
BERITA TERKAIT
Forum Kicau Mania Pahami Keputusan KLHK
RI-Jepang, 25 Th Kerja Sama Pengelolaan Lingkungan
KLHK Terima Usulan dari Bappenas Terkait KPH
Gelar Rakornas, KLHK Kumpulkan Seluruh KPH
Antisipasi Karhutla, KLHK Terus Siapkan SDM Andal
Satu Ekor Gajah Sumatera Kembali Lahir di Barumun
Asian Games 2018 Peluang Emas Promosikan Wisata

ke atas