NASIONAL

Jumat, 11 Januari 2019 | 17:20 WIB

KPU Sebut Debat Capres Ajang Adu Gagasan

Happy Karundeng
KPU Sebut Debat Capres Ajang Adu Gagasan
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pramono Ubaid Tanthowi mengatakan pada dasarnya debat pilpres bukan bertujuan untuk menimbulkan kontroversi. Menurutnya, debat ini digelar sebagai ajang pasangan capres-cawapres menyampaikan visi-misi dan programnya.

"Kita harapkan acara debat betul-betul menjadi ajang dimana masing-masing pasangan calon memperlihatkan gagasannya secara utuh bukan untuk menimbulkan kontroversi lebih dalam," kata Pramono di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (11/1/2019).

Ia juga mengatakan, debat capres bertujuan untuk menggali dan memperdalam masing-masing gagasan paslon. Pertanyaan yang terlalu mikro justru tak bisa mewujudkan tujuan itu. Selain itu, pertanyaan yang menyinggung kasus tertentu juga rawan menimbulkan salah paham.

"Jadi kita jangan terjebak kasus-kasus ini selalu ada kaitannya dengan calon tertentu saya kira ini juga pikiran yang menurut saya salah paham di masyarakat kita," ujarnya.

Meskipun tak diatur secara tertulis, ketentuan untuk tak ajukan pertanyaan tentang kasus tertentu telah disepakati kedua tim kampanye paslon. KPU akan kembali mengingatkan kandidat capres-cawapres mengenai kesepakatan tersebut saat penyelenggaraan debat.

Debat perdana Pilpres 2019 akan digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kamis, 17 Januari 2019. Tema yang diangkat adalah hukum, HAM, terorisme dan korupsi. Peserta debat pertama adalah pasangan calon presiden dan calon wakil presiden. Debat perdana ini akan disiarkan oleh empat lembaga penyiaran, yaitu TVRI, RRI, KOMPAS TV, dan RTV. [hpy]

#KPU #DebatCapres
BERITA TERKAIT
Wiranto Sebut Radikalisme Jadi PR Mahfud MD
Nadiem Makarim Keliling Kemendikbud Usai Dilantik
Wishnutama Mengaku Biasa Kerja 'Overtime'
Jadi Menteri, Wishnutama Belum Tidur Sejak Semalam
Di Kantor Baru, Wishnutama tak Ingin Dipanggil Pak
Polisi Usut Insiden Penyerangan Masjid di Medan
Mendagri Tito Mulai Fokus Kerja Pekan Depan

kembali ke atas