PASAR MODAL

Senin, 10 Juni 2019 | 15:01 WIB

Inilah Pemicu Penguatan Bursa Saham Eropa

Wahid Ma'ruf
Inilah Pemicu Penguatan Bursa Saham Eropa
(Foto: ist)

INILAHCOM, London - Bursa saham Eropa bergerak lebih tinggi pada Senin pagi (10/6/2019) setelah Presiden AS, Donald Trump mengumumkan bahwa tarif yang diusulkan untuk impor Meksiko akan ditangguhkan tanpa batas waktu.

Pan-European Stoxx 600 naik 0,2% setelah bel pembukaan, sumber daya dasar memimpin kenaikan dengan kenaikan 0,9%. Indeks FTSE naik 0,5%, indeks DAX masih stagnan dan indeks CAC naik 0,5%, seperti mengutip cnbc.com.

Trump mundur dari memulai perang perdagangan lain pekan lalu, mengatakan dalam sebuah posting Twitter pada hari Minggu bahwa ia memiliki "kepercayaan penuh" bahwa Meksiko akan menindak migrasi dari Amerika Tengah, setelah kedua negara tetangga mencapai konsensus.

The New York Times melaporkan pada hari Sabtu bahwa kesepakatan untuk menghindari tarif sebagian besar terdiri dari tindakan yang telah disetujui Meksiko untuk diambil.

Saham-saham di Asia diperdagangkan lebih tinggi pada Senin di tengah berita, indeks Hang Seng Hong Kong melonjak 2,03%, setelah data perdagangan resmi China untuk dapat mengalahkan perkiraan. Data terbaru menunjukkan surplus perdagangan keseluruhan US$41,65 miliar untuk bulan tersebut.

Menteri Keuangan AS, Steven Mnuchin, seorang negosiator utama dalam pembicaraan perdagangan dengan China, mengatakan Trump akan memutuskan apakah akan menerapkan tarif lebih banyak pada China setelah bertemu dengan Presiden China, XI Jinping pada Juni nanti.

Para pemimpin keuangan G-20 pada hari Minggu mengatakan bahwa ketegangan perdagangan dan geopolitik telah meningkat, meningkatkan risiko untuk meningkatkan pertumbuhan global. Tetapi mereka berhenti menyerukan resolusi dari konflik perdagangan AS-China yang semakin dalam.

Kembali di Eropa, perdagangan April, PDB, dan data industri untuk Inggris diperkirakan akan dirilis sekitar pukul 9.30 pagi BST. AS juga telah menyetujui perjanjian perdagangan bebas pendahuluan (FTA) dengan Korea Selatan, yang berupaya mempertahankan pengaturan perdagangan yang ada pasca-Brexit.

Sementara itu, kandidat partai Konservatif meningkatkan kampanye mereka untuk menggantikan Perdana Menteri Theresa May, yang mengundurkan diri sebagai pemimpin partainya pada hari Jumat.

Dalam berita perusahaan, Reuters melaporkan bahwa Fiat Chrysler dan Renault mencari cara untuk menyadarkan kembali merger mereka yang runtuh dan mendapatkan persetujuan dari mitra aliansi Renault, Nissan.

Tidak ada rilis pendapatan utama yang dijadwalkan di Eropa pada hari Senin.

#BursaSaham #DolarAS #IHSG #TrumpEffect
BERITA TERKAIT
Bursa Saham Asia Berakhir Memerah
IHSG Berkurang 0,3% ke 6.433,54
Bursa Saham Eropa Bergerak Lebih Rendah
IHSG Gagal Hijau Terus di Sesi I
Inilah Strategi China Gairahkan Bursa Saham
Bursa Saham Asia Bergerak Negatif
IHSG bergerak Terbatas ke 6.459,604 di Awal Sesi

kembali ke atas