NASIONAL

Senin, 10 Juni 2019 | 20:21 WIB

Ratusan Penumpang Menginap di Pelabuhan Simboro

Aris Danu
Ratusan Penumpang Menginap di Pelabuhan Simboro
(inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Ratusan penumpang terpaksa menginap di Pelabuhan Simboro, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat karena tidak mendapat tiket pada H+5 Idul Fitri 2019.

Dihimpun dari berbagai sumber, pada Senin (10/6/2019) petang, para penumpang yang tidak mendapat tiket telah memenuhi ruang tunggu di Pelabuhan Simboro. Mereka mengaku terpaksa menginap di ruang tunggu pelabuhan karena tak ada keluarga di Kabupaten Mamuju.

Pada Senin sore, begitu loket penjualan dibuka, ratusan penumpang langsung menyerbu loket penjualan tiket. Loket dibuka pada pukul 16.00 WITA.

Sebelum dibuka, ratusan calon penumpang arus balik lebaran itu sudah mengantre sejak pukul 15.00 WITA atau sesaat setelah KM Laskar Pelangi diberangkatkan dari Pelabuhan Simboro Kabupaten Mamuju menuju Pelabuhan Kariangau, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Namun, karena terbatasnya tiket, sejumlah penumpang harus menelan rasa kecewa karena tidak mendapatkan tiket untuk pemberangkatan arus balik pada Selasa (11/6/2019) atau H+6 Idul Fitri.

"Kami terpaksa harus menginap di Pelabuhan Simboro hingga Rabu, karena tidak mendapatkan tiket untuk pemberangkatan besok (Selasa)," kata seorang calon penumpang arus balik.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Mamuju Jondrajuis mengatakan, pihaknya telah mengurai para penumpang arus balik untuk menghindari penumpukan penumpang. selain itu pihaknya juga mengantisipasi terjadinya kelebihan kapasitas pada kapal angkutan lebaran di Pelabuhan Simboro.

Rencananya, penumpang yang tidak terangkut KM Laskar Pelangi hari ini, akan diberangkatkan menggunakan KM Persada Nusantara pada Selasa (11/6/2019) esok.

"Pada arus mudik lebaran tahun ini, ada dua unit kapal yang akan melayani penumpang, yakni KM Laskar Pelangi dan KM Persada Nusantara. Penumpang yang tidak termuat hari ini, besok (Selasa) akan berangkat menggunakan KM Persada Nusantara," kata Jondrajuis.

Ia juga memprediksi puncak arus balik lebaran di Pelabuhan Simboro diprediksi berlangsung pada tanggal 15 sampai 17 Juni 2019. [ton]

#ArusMudikArusBalik #Lebaran
BERITA TERKAIT
Polres Solok Tangkap 5 Pembakar Hutan dan Lahan
Yasonna: Pengawasan Notaris Perlu Diperketat
Karhutla, KMHDI Desak Jokowi Ambil Tindakan
Infeksi Paru Stadium 2, Kivlan Zen Opname di RSPAD
Iriana Ingatkan Ibu-ibu Deteksi Dini Kanker Rahim
Masih Ada Kelemahan, Revisi UU KPK Dinilai Wajar
Refly Harun: Tatib DPD Pasti Berubah

kembali ke atas