EKONOMI

Minggu, 06 Februari 2011 | 21:00 WIB

Beras Pandanwangi Cianjur Terancam Punah

Benny Bastiandy
Beras Pandanwangi Cianjur Terancam Punah

INILAH.COM, Cianjur - Sebagai varietas padi unggulan asli Cianjur, pandanwangi mestinya bisa menjadi aset yang mampu mendongrak pendapatan petani. Sayang, saat ini keberadaannya sedah semakin jarang dan terancam punah jika tak ada upaya pelestarian, karena petani lebih condong memilih menanam varietas padi lainnya ketimbang pandanwangi.

Varietas ini tidak bisa ditanam disembarang tempat, terkecuali di enam lokasi yang ada di Cianjur, di antaranya di Kecamatan Warungkondang dan Gekbrong. Dari rasa, aroma, maupun harganya di atas rata-rata varietas padi lainnya.

Hal ini dikarenakan tak sedikit spekulan yang mencampur padi pandanwangi, sehingga ciri khasnya hilang dan konsumen pun hilang kepercayaan.

Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Cianjur Ibrahim Naswari mengaku tidak memungkiri dengan kondisi tersebut. Menurut dia, saat ini tatanan bisnis varietas padi pandanwangi dirusak oknum spekulan, satu diantaranya dengan upaya mencampurnya dengan varietas padi lainnya.

Kondisi ini berdampak pada menurunnya harga jual dan konsumen pun hilang kepercayaannya, kata Ibrahim, Minggu (5/2/2011).

Kondisi ini diperparah pula dengan mulai terkisisnya lahan-lahan potensial yang biasa ditanami padi pandanwangi. Saat ini, lahan potensial yang biasa ditanami varietas padi pandanwangi tersebar di tiga kecamatan tinggal tersisa sekitar 150 hektare.

Kondisi ini karena masyarakat sudah engggan untuk menanam varietas padi pandanwangi. Akibatnya, lahan pun ikut menyusut, ujar anggota DPRD Kabupaten Cianjur ini.

Guna mengantisipasi terancam punahnya varietas pandanwangi, menurutnya, perlu dilakukan sertifikasikan varietas tersebut. Termasuk juga membuat inovasi turunan hasil genetik, dengan lahirnya padi pandan putri.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Cianjur Moch Ginanjar mengaku, sebagai upaya antisipasi terancam punahnya keberadaan varietas padi pandanwangi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur berencana membeli lahan potensial yang biasa ditanami padi pandanwangi.

Sebagai langkah awal, pemkab berencana membebaskan lahan seluas kurang lebih 20 hektare diwilayah Kecamatan Warungkondang dan Gekbrong.

Bupati sudah melontarkan rencana pembelian lahan itu sebagai upaya menjaga keberadaan varietas padi pandanwangi, kata dia. [jul]

#pandanwangi #beras #punah #cianjur
BERITA TERKAIT
Beras Numpuk, Jokowi Disarankan Evaluasi Bulog
KESDM Terus Lanjutkan Pembangunan PLTSa Sampah
Paruh Pertama 2019, Lifting Migas Gagal Target
Ekonomi Global & Domestik Landai, BTN Rombak RBB
DPR: KBN Jangan Rusak Asa Jokowi Genjot Investasi
Kementan Bantu Petani Meranti dengan 7 Kultivator
(Sehatkan Neraca Perdagangan) Pebisnis dan DPR Kompak Dukung Enggar Lobi China

kembali ke atas