MAUNG BANDUNG

Selasa, 08 Maret 2011 | 05:30 WIB

13 Pemain Persib Isi Skuad Timnas 1960-an

Daddy Mulyanto
13 Pemain Persib Isi Skuad Timnas 1960-an
inilah.com

INILAH.COM, Bandung - Tahun 1960-an bisa dibilang sebagai masa keemasannya pemain Persib Bandung di timnas. Saat itu, jumlah skuad Maung Bandung yang masuk timnas bisa dijadikan satu tim yang bervariasi, mulai kiper, pemain tengah, sampai lini depan.

Dari 18 pemain timnas, 13 pemain berasal dari Persib, bahkan timnas pernah memainkan 11 pemain Persib sekaligus.

Hal tersebut diakui Emen Suwarman salah satu mantan pemain yang menjadi bagian penting pada masa kejayaan pemain Persib di timnas itu. Saat itu, kenang Emen, timnas Indonesia mampu mengungguli Jepang dengan skor 6-0, Korsel dengan skor 2-0. Lalu saat uji coba di Bandung, hampir seluruh pemain Persib memperkuat timnas dan berhasil menundukkan timnas Prancis dan Spartak Rusia.

"Ya saat itu, selama 4 musim yaitu pada 1960-1964, 80% pemain Persib menghuni skuad timnas. Meski hanya satu prestasi saja yang berhasil dirah yaitu juara Asean Games 1962," cerita Emen kepada INILAH.COM, Senin (7/3/2011).

Setelah 1964, pemain Persib di timnas mengalami pasang surut. Era 1980-an dan 1990-an yang terbilang sukses di timnas hanya Robby Darwis dan Yusuf Bachtiar. Robby bahkan lebih dari 10 tahun sampai 1997 malang melintang di tim Merah Putih, bahkan dipercaya sebagai kapten tim.

Kini, pemain Persib di timnas diwakili tiga orang, yakni Markus Horison, Maman Abdurahman, Eka Ramdani dan pemain naturalisasi Cristian Gonzales. Sebelumnya Nova Arianto dan Hariono pun sempat dipanggil, namun karena cedera mereka dipulangkan.

Selanjutnya, di timnas muda U-21, dua nama pemain muda Persib juga terpanggil untuk membela negara, di antaranya pemain asli Bandung Dias Angga Putra dan Johan Yoga Utama, pemain yang baru direkrut Persib setelah diboyong langsung pelatih Daniel Roekito dari daerahnya Semarang.

Pemain Persib angkatan 1960-an di Timnas Indonesia:
Kiper: Yus Etek
Belakang: Ilyas Hadede, Sunarto, Ishak Udin
Tengah: Sunaryono, Henky Timisela, Omo Suratmo, Fatah Hidayat
Depan: Emen Suwarman, Komar/Wowo, Rukman/Jajang Haris.[den]

#bolabangkit #persib #robby darwis
BERITA TERKAIT
Rasulullah Minta Umatnya Berjalan Kaki ke Masjid
Profesor Geothermal Selandia Baru Puji Kamojang
Barca Disarankan Mulai Berusaha Rekrut Isco
Batik Air Buka Rute Jakarta-Banyuwangi
Tim Prabowo Anggap Aneh Kotak Suara dari Kardus
(Jokowi Ganti Nama) MUI: Nama Itu Sebuah Doa dan Keindahan
Messi Punya Sesuatu yang Tak Dimiliki Pemain Lain

ke atas