TEKNOLOGI

Kamis, 02 Juni 2011 | 09:00 WIB

Terobosan Baru, Ilmuwan Tiru Jaringan Manusia

Billy A. Banggawan
Terobosan Baru, Ilmuwan Tiru Jaringan Manusia

INILAH.COM, San Diego Sebuah biomateri baru dirancang untuk memperbaiki kerusakan jaringan manusia. Terobosan baru ini mampu meniru jaringan asli manusia.

Materi ini diciptakan para teknisi nano di University of California, San Diego (UCSD). Materi ini merupakan temuan signifikan karena materi ini tak bisa mengkerut atau terdistorsi saat dibentangkan.

Biomateri baru ini diciptakan menggunakan platform biofabrikasi baru UCSD yang dikembangkan peneliti Shaochen Chen selama empat tahun. Teknik ini menggunakan kendali cermin secara tepat dan sistem proyeksi komputer.

Alhasil, solusi sel dan polimer baru untuk membuat perancah 3D yang dilengkapi pola yang memiliki banyak bentuk untuk rekayasa jaringan pun bisa dibuat.

Hanya butuh waktu untuk benar-benar menerapkan materi baru ini dalam pertahanan, energi, dan komunikasi. Sebanyak satu lapisan biomateri ini memiliki tebal dua kali tebal rambut manusia.

Sejumlah lapisan yang digunakan untuk menambal jaringan tergantung pada ketebalan jaringan aslinya, seperti dinding jantung atau jaringan kulit.

#jaringan #biomateri #biofabrikasi #polimer
BERITA TERKAIT
Pangsa Pasar Toyota Naik Menjadi 32,2%
Telkomsel Perkuat 4G di 5 Lokasi Prioritas Wisata
Cara XL Edukasi Internet Siswa-Siswi SMA dan SMK
Panasonic Terus Perkuat Kompetensi Teknisi AC
Bukalapak Manjakan Pembeli Prioritas
JavaMifi Prediksi Top Destinasi Wisata Dunia 2020
Realme Sabet Banyak Penghargaan

kembali ke atas