GAYA HIDUP

Rabu, 08 Juni 2011 | 15:54 WIB

Wah! Cermin Ternyata Bisa Deteksi Kanker

Dahlia Krisnamurti
Wah! Cermin Ternyata Bisa Deteksi Kanker
IST

INILAH.COM,Jakarta - Penderita kanker kulit dapat disembuhkan bila keganasan itu terdeteksi sejak dini. Karenanya, Anda dapat melakukan deteksi tubuh secara rutin dengan menggunakan cermin. Benarkah?

Di Indonesia, penderita kanker kulit masih tergolong sedang, jika dibandingkan dengan di negara-negara Eropa. Sebab, pigmen kulit yang lebih banyak pada ras kulit berwarna membuat risiko terkena kanker kulit menjadi lebih kecil.

Kanker kulit pada umumnya merupakan salah satu jenis kanker paling mudah untuk dicegah dan ditangani. Namun minimnya pengetahuan menyebabkan banyak gejala dini kanker kulit yang tidak ditindaklanjuti.

Cara pencegahan memang dapat dimulai dari diri sendiri. Begitulah dengan deteksi dini pada kanker kulit. Anda dapat melakukan deteksi tubuh secara rutin dan menyeluruh di rumah, guna mengenali gejala penyakit ini.

Untuk itu, Anda memerlukan ruangan cukup terang, sebuah cermin panjang dan cermin kecil seukuran genggaman tangan.

Pertama-tama, lakukan deteksi umum dengan memeriksa bagian depan dan belakang tubuh Anda di cermin. Lihat pula bagian samping kanan dan kiri tubuh dengan lengan terangkat.

Kemudian, periksa wajah, telinga, leher, dada, perut, dan area di bawah kedua payudara. Periksa kedua sisi lengan, termasuk bagian atas dan bawah telapak tangan serta kuku.

Setelah itu, lihat pula bagian belakang paha dan betis, ruang di antara jari-jari kaki, dan telapak kaki Anda. Cek bagian belakang leher dan kulit kepala menggunakan cermin kecil. Sibak rambut untuk memeriksa kulit kepala.

Jika perlu, minta bantuan orang lain untuk melakukannya demi Anda. Terakhir, periksa bagian punggung, pantat, dan alat kelamin menggunakan cermin kecil.

Berkonsultasilah dengan dokter kulit jika Anda menemukan tahi lalat atau bercak yang aneh pada kulit. [mor]

BERITA TERKAIT
Ini Unggulan Program Wisata Kesehatan
(Perjalanan Wisata Kesehatan) Ini Bentuk Kolaborasi Kemenparekraf dan Kemenkes
Animo Belanja Kosmetik di Indonesia Tak Terbendung
Ketahui Gejala Neuropati Diabetes
Ini Cara Ajak Anak Gemar Konsumsi Sayur dan Buah
Mitos Kacamata Ion Ampuh Sembuhkan Penyakit Mata?
Pemkab Malang Beri Apresiasi Pelaku Pariwisata

kembali ke atas