GAYA HIDUP

Minggu, 19 Juni 2011 | 07:45 WIB

Kereta Uap, Wisata Gaya Baru di Selatan India

Dahlia Krisnamurti
Kereta Uap, Wisata Gaya Baru di Selatan India
IST

INILAH.COM, Jakarta - Kereta uap merupakan salah satu obyek wisata yang sangat disenangi, dikagumi di seluruh dunia oleh sekelompok tertentu manusia para pencinta lokomotif.

Fairy Queen adalah sebuah impian. Pengoperasiannya kembali pada 18 Oktober, 1997, setelah tidur selama 90 tahun lebih merupakan saat-saat paling menggembirakan dalam sejarah kepariwisataan India, dan menjadi sebuah tonggak sejarah dalam kehidupan Perusahaan Kereta Api (Indian Railways).

Peristiwa tunggal ini berperan sebagai pemicu karena tiba-tiba lok-lok uap mulai menampakkan diri lagi, pada sistem Perkereta Apian India, walaupun dengan tujuan terbatas yaitu untuk menarik gerbong-gerbong turis untuk jarak dekat.

Dan tidak lama sesudah peristiwa ini sudah menjadi mode, bahkan di kalangan elit perkeretaapian untuk membumbui pembicaraan dengan pengalaman menaiki kereta api uap.

Terinspirasi kesuksesan yang diraih Fairy Queen, Ghosh, seorang teknisi pada perusahaan kereta api India, mencoba menghidupkan kembali lokomotif kelas HGS dan menjalankannya dari Howrah ke Tribeni pada Agustus 1999.

Ini diikuti oleh sebuah lokomotif uap yang lain di Guwahati, lagi-lagi berkat dorongan seorang General Manager KeretaApi berpendirian teguh bernama Bisht.

Dalam peristiwa selanjutnya sejumlah lokomorif uap juga dioperasikan pada jalur-jalur Neral-Marheran dan Kalka-Shimla dengan grand finale pada 16 April, 2002 berupa pengulangan kembali peristiwa bersejarah peluncuran kereta api pertama di India tahun 1853 pada jalur Mumbai -Thane dalam rangka perayaan HUT ke-1 50 Perusahaan Kereta Api India.

Pengulangan peristiwa ini merupakan penghormatan besar kepada Perusahaan Kereta Api India dalam pengoperasian lok-lok uap dengan sangat efisien sehingga digandrungi banyak orang.

Dan bagi turis yang berkunjung ke India, naik kereta api yang ditarik oleh lokomotif uap merupakan pengalaman takkan terlupakan. Misalnya, Fairy Queen Express. Dengan biaya 10.000 rupee (biaya ini sudah termasuk semuanya atau all inclusive) kita bisa menikmati perjalanan selama dua hari bersafari dan barangkali ini adalah paket wisata kereta api uap terbaik di dunia.

Kereta api ini beroperasi setiap dua kali Sabtu, pada Oktober sampai Maret, dan tiket dapat dipesan dari National Rail Museum, New Delhi, International Tourist Bureau di Stasiun Kereta Api New Delhi atau di setiap perwakilan Indian Railways di luar negeri.

Kereta Api Darjeeling Himalayan, yang ditarik oleh lokomotif-lokomotif yang pernah mengelilingi dunia, kini telah dinyatakan sebagai world heritage site atau situs peninggalan kebudayaan dunia. Bila kita berkunjung ke wisata kereta api ini, kita pun bisa menikmati keindahan alam Darjeeling sebagai sebuah hill station disamping menapak tilas kereta api tua tersebut.

Seorang turis yang ingin berkunjung ke India Selatan jangan lupa mengunjungi lokomotif-lokomotif uap kelas X yang beroperasi pada jalur KeretaApi Pegunungan Nilgiri, satu di antara dua rack railways (jalan kereta api bergigi) yang terdapat di dunia.

Masih ada lagi tempat lainnya yang tidak kalah menariknya, 'Ooty', yang kenal sebagai 'queen of hill stations' di India. [mor]

BERITA TERKAIT
Dukung Keamanan Perempuan Lebih Terjamin
Orang Indonesia Banyak Beli Layanan Liburan
Indonesia Alami Penurunan Kecakapan Bahasa Inggris
(Gandeng Film Milea) Tango Bantu Masalah Gizi Buruk
HokBen Dukung Pendidikan Anak Indonesia
Akses Layanan Kesehatan Online Semakin Mudah
Jawhara Syari ke Pentas Internasional

kembali ke atas